Mengetahui informasi dan kemampuan RAM menggunakan RAMExpert

Sebenarnya sudah banyak sekali software yang memberikan informasi mengenai hardware di komputer seperti Speccy, bahkan melihat System Information dari Windows saja sudah cukup untuk melihat spesifikasi secara sekilas. Tapi kalau anda ingin mengetahui secara mendetail kemampuan RAM yang terpasang dan dukungan apa yang tersedia pada slot RAM di motherboard anda akan membutuhkan aplikasi tambahan.

Salah satu program yang cocok untuk tugas ini adalah RAMExpert, tampilannya yang sederhana dijamin tidak akan membuat anda kebingungan dalam memahami speksifikasi memori komputer anda.

Anda akan diberitahu berapa banyak slot memory yang tersedia, berapa kapasitas RAM yang terpasang dan berapa besar ukuran maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut. Kalau anda perhatikan juga di sisi kanan ada informasi dan grafik yang mewakili tingkat penggunaan RAM, jadi anda juga bisa mengawasi aktivitas memori komputer anda.

ramexpert

Informasi mengenai slot RAM yang terpakai dan detail spesifikasinya akan bisa dilihat disini juga. Tergantung tipe RAMnya anda mungkin bisa menemukan pabrik pembuatnya, kode model, tipe RAM, dan nomor serialnya. Anda juga diberi link untuk mencari dokumen spesifikasi RAM tersebut di sebelah kanannya.

Yang unik dari aplikasi ini ada tombol untuk melakukan update driver komputer anda, pergunakan dengan hati – hati tentunya.

RAMExpert tersedia versi portablenya di website pembuatnya bagi anda yang tidak mau menginstallnya. Aplikasi kecil ini cocok diletakkan dalam USB Flashdisk dan digunakan untuk diagnosa RAM.

Tulis komentar...