Mengetahui keamanan password dengan How Secure Is My Password?

Membuat password sebenarnya sangatlah mudah, tinggal isikan karakter acak saja dari keyboard dijamin password tersebut tidak mudah dibobol tapi anda sendiri belum tentu hapal juga. Bila anda memiliki pola tertentu dalam membuat password akan lebih baik daripada menggunakan 1 password untuk semuanya. Tapi sebenarnya seberapa amankah password anda bila ada yang berusaha menjebolnya dengan metode bruteforce?

Penjelasan singkat metode bruteforce untuk menjebol password

Memecahkan password dengan metode bruteforce adalah cara paling mudah, paling sederhana dan terlama dibanding metode password cracking lainnya. Karena sistem bruteforce adalah mencoba setiap karakter ke akun atau file anda yang dipassword, bisa diperkirakan bahwa proses ini mudah tapi akan memakan waktu. Tapi aslinya seberapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan password tersebut?

Menguji keamanan password

Sebaiknya anda mencoba layanan website How Secure Is My Password?, yang perlu anda lakukan adalah hanya mengisikan password yang ingin diketahui kekuatan dan keamanannya bila ada yang berusaha mendapatkannya.

how-secure-is-my-password

Menguji keamanan password tahap 1

Disini saya mengetikkan password “utekno” dan ternyata hanya dibutuhkan 0.07 detik untuk menjebolnya, dan perhatikan warna background website berwarna merah – ini menandakan password anda tidak aman.

how-secure-is-my-password-first-phase

Anda akan mendapatkan petunjuk letak kelemahan password anda.

how-secure-is-my-password-first-phase-hints

Menguji keamanan password tahap 2

Sekarang kita akan membuat password tadi lebih rumit yaitu “utekno23”, dan ada peningkatan waktu meretas password menjadi 11 menit. Masih dalam hitungan yang cepat dan background masih merah.

how-secure-is-my-password-second-phase

Petunjuk kelemahan password juga telah diupdate.

how-secure-is-my-password-second-phase-hints

Menguji keamanan password tahap 3

Hanya dengan menambahkan 1 karakter yaitu tanda seru (!) ke kombinasi password yang digunakan menjadi “utekno23!” waktu yang dibutuhkan menjadi 6 hari secara terus menerus untuk menjebolnya, dan warna background menjadi kuning – ada peningkatan berarti pada keamanan password yang dibuat.

how-secure-is-my-password-third-phase

Anehnya tidak ada petunjuk kelemahan password muncul saat membuat password yang ini, mungkin karena sudah dianggap relatif kuat dan menggunakan kombinasi karakter yang tepat.

Menguji keamanan password tahap 4

Ini merupakan tahap terakhir membuat password yang kuat dan aman, saya menambahkan 2 karakter saja dan menjadi “utekno23!c0m”. Wow… dibutuhkan 2 ribu tahun untuk memecahkannya dan akhirnya warna background website How Secure Is My Password? menjadi hijau, berarti sudah dianggap aman.

how-secure-is-my-password-fourth-phase

Sekali lagi tidak ada petunjuk kelemahan password yang tampil, jadi password yang diuji sudah cukup kuat dan aman.

Lainnya

Sebenarnya terdapat settings dari cara How Secure Is My Password? melakukan pengujiannya, yaitu penggunaan Named Numbers yang berarti angka yang digunakan akan seakurat mungkin seperti 2452 tahun bukan 2000 tahun, dan kemampuan perhitungan komputer per detiknya yang secara default diisi 4 billion (4 milyar). Klik Show Settings untuk menampilkannya.

how-secure-is-my-password-settings

Detail mengenai password yang dimasukkan juga bisa dilihat informasinya, dari jumlah panjang karakter yang digunakan, kombinasi karakter password, kecepatan kalkulasi per detik, dan berapa jumlah kemungkinan kombinasi password dari karakter yang digunakan.

how-secure-is-my-password-details

Saran saya begitu ada password yang hasilnya tidak aman segera perbaiki tingkat kompleksitasnya, tentunya yang dapat dengan mudah dihapal juga. Anda bisa menggunakan panduan membuat password yang baik sebagai langkah awalnya.

Tulis komentar...