Mengetahui password WiFi yang tersimpan di Windows

Saya pernah mengalami kejadian lupa apa passwordnya di cafe yang menyediakan hotspot gratis, dan apalagi keadaannya cukup ramai jadi agak sungkan untuk merepotkan si waiter dalam pertanyaan saya. Password ini bukan untuk saya tapi melainkan untuk teman saya yang ingin menghubungkan handphone Androidnya ke jaringan WiFi milik cafe.

Kasus semacam ini saya yakin anda juga pernah mengalaminya, yaitu laptop sudah otomatis bergabung dengan hotspot yang sudah disimpan passwordnya tapi kita sendiri sudah lupa apa isinya. Dan sekarang kita berusaha mencari tahu apa password yang pernah kita gunakan dan masih tersimpan di dalam Windows.

Salah satu program yang ampuh untuk mendapatkan password WiFi yang tersimpan adalah WirelessKeyView dari NirSoft. Cara menggunakannya mudah saja, cukup jalankan saja dan akan muncul data seluruh nama jaringan hotspot yang pernah anda pakai di notebook anda.

wirelesskeyview

Tapi yang kita cari adalah isi dari kolom Key (Ascii) karena inilah password yang kita cari – cari tadi. Sangat mudah bukan? 😀 Anda juga bisa menggunakannya untuk backup data wireless yang dalam Windows melalui fitur Export/Import, dan kemudian memulihkannya di kemudian hari kalau ada masalah.

Oh ya aplikasi kecil ini (tidak sampai 70KB) kadang dianggap virus tapi aman kok, memang fungsinya saja yang bisa mengancam keamanan sistem.

Tulis komentar...