Mengetahui penyebab muncul titik acak pada hasil cetak printer laser

Bagi anda pengguna printer laser warna pasti sudah menyadari kelebihannya dibanding printer inkjet, walau harga awalnya lebih mahal tapi keawetan penggunaan tintanya membuat color laser printer lebih murah kalau dihitung total penggunaan selama hidupnya.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi dari tempat kerja saya sebelumnya di dunia pendidikan, setiap harinya satu printer laser dengan merek HP (Hewlett-Packard) ini mencetak kurang lebih 100 lembar ukuran A3/A4 dan printer laser ini mampu mencetak selama 8 bulan baru diganti tintanya. Jadi bisa dibayangkan betapa sangat hemat dibanding printer inkjet yang mesinnya murah tapi tintanya mahal.

Nah.. kasusnya kemarin saya saat mencetak menggunakan Oki Data C3200n color laser printer mendapati setiap mencetak akan terdapat titik acak berwarna magenta, kuning, cyan atau hitam di setiap kertasnya.? Awalnya titik – titik ini kecil tapi akhirnya seperti noda besar dan ini hanya terjadi pada saat mencetak berwarna. Kalau pada saat mencetak hitam putih (grayscale) maka titik – titik ini tidak muncul. Bahkan pada image belt (sabuk gambar) terlihat noda tintanya.

Penyebab munculnya titik acak berwarna di kertas hasil cetak

Usut punya usut setelah saya membongkar printer laser ini dan membersihkan isinya, kemudian tidak ada efek apa – apa alias masih rusak. Saya mendapat saran jangan sekali – sekali membongkar printer laser kalau bukan ahlinya (dan saya memang bukan), karena ini bisa memperburuk keadaan.

Jadi apa masalahnya? Ternyata ada kerusakan pada komponen transfer roller/belt dalam printer laser ini. Apakah transfer roller atau belit ini? Transfer roller berfungsi menarik tinta dari drum tinta sebelum mentransfernya ke kertas, jadi bisa terlihat karena warna noda tinta ini sesuai dengan warna yang biasa tersedia dalam drum tinta printer (Cyan, Magenta, Yellow, Black) dan bisa menjadi penyebabnya.

Solusi muncul titik acak di hasil cetak printer laser.

Anda bisa mencoba 2 cara untuk mengatasi masalah noda tinta di hasil cetak ini:

  • Kalau anda berani membongkar, silahkan coba bersihkan transfer roller ini dengan kain kering. Jangan lupa matikan dulu printernya sebelum membongkar mesinnya.
  • Mengganti transfer roller merupakan cara paling mudah tapi menghabiskan biaya tambahan, bila cara sebelumnya tidak memperbaiki masalah muncul titik acak ini. Kalau dibanding mengganti ink drumnya yang jauh lebih mahal, harga transfer roller ini relatif lebih rendah. Tentu kalau anda sanggup bisa menggantinya sendiri, tapi sebaiknya ganti di tempat vendor printer anda. Selain lebih terjamin, kalau ada apa – apa anda bisa klaim garansi.

Saya sendiri setelah melakukan konfirmasi bahwa yang rusak adalah transfer rollernya memilih untuk memperbaiki di tempat servis resminya, tentu saja dengan memastikan ke pihak yang memperbaiki kalau kerusakan yang didiagnosa adalah sama. Daripada kita dicharge untuk membayar biaya perbaikan yang tidak diperlukan, lebih baik kita verifikasi satu per satu.

Tulis komentar...