Mengetahui performa CPU terbaik dengan harga murah di CPU Benchmark

Merancang sebuah komputer atau membeli laptop akan membuat kita bingung menentukan mana CPU (Central Processing Unit) terbaik diantara jarak harga tertentu yang anda mampu beli. Kalau hanya mendengar kode – kode produk CPU seperti AMD FX, Intel Core, Opteron, Xeon, Celeron, dan masih banyak lagi dijamin anda pusing sendiri. Karena itu anda perlu melakukan pengecekan mana prosesor yang terbaik performanya dalam kategori harga yang anda incar, atau bisa disimpulkan CPU mana yang terbaik kalau dibandingkan harga dan performanya.

Untungnya PassMark memiliki data untuk itu dari software benchmarknya dan dikumpulkan dalam situs CPUBenchmark, anda bisa melihat satu per satu informasi mengenai prosesor yang anda incar dan alternatifnya dengan kemampuan mirip atau harga yang kompetitif. Tentunya kalau harga anda harap konversikan ke Rupiah karena yang ditampilkan adalah Dollar, tambahkan kurang lebih 10% juga dari total harga kalau di Indonesia – biasanya harga berbeda dikarenakan pajak dan entah apa lagi faktornya.

CPU Benchmark memiliki 2 macam jenis grafik perbandingan. Pertama adalah daftar CPU yang dibandingkan performa dengan harganya, tapi hanya dari CPU yang tersedia di pasaran atau dijual untuk umum. Kalau sudah tidak diproduksi atau tidak dijual lagi maka tidak akan ditampilkan dalam grafiknya. Kalau anda tertarik mengenai informasi CPU baru apa saja yang paling sakti dengan harga yang terjangkau maka buka halaman Performance/Price Currently Available CPUs.

cpu-benchmark- performance-price-available-cpus

Lain lagi di halaman Performance/Price All Time CPUs, secara esensinya sih sama anda akan menemukan urutan CPU dengan performa terbaik dibanding harganya tapi daftarnya akan mengikutkan seluruh CPU yang pernah diproduksi. Jadi anda bisa saja menemukan prosesor lama atau sudah tidak ada lagi di pasaran. Ini cocok buat anda yang terbatas pilihan CPUnya di toko komputer di kota anda, dan seringkali hanya tersedia edisi lama. Kita harus memaksimalkan sebaik mungkin bukan?

cpu-benchmark- performance-price-all-time-cpus

Anda jangan khawatir kalau data yang ada di situs CPU Benchmark tidaklah baru atau jarang diupdate, malah sebaliknya setiap hari akan diperbarui. Maka jangan segan kalau dijadikan referensi dalam pembangunan komputer idaman anda. Oh ya, sebelum anda salah paham cara baca chartnya, semakin diatas semakin baik perbandingan harga dengan performanya.

Terus terang saya sering menggunakan website ini untuk memilih kisaran harga dari CPU yang saya akan beli, merek AMD atau Intel tidak masalah, yang penting adalah kemampuan terbaik pada jarak harga tersebut. Ini mencegah kita salah membeli barang yang kurang baik diantara opsi yang ada, jangan sampai kita rugi sendiri karena tidak tahu apa – apa atau dibutakan merek terkenal. 😉

2 pemikiran pada “Mengetahui performa CPU terbaik dengan harga murah di CPU Benchmark”

    • Oh… Devil’s Canyon maksudnya mas? Iya ini refresh dari arsitektur Haswell. Kata Intel sih keunggulannya dibandingkan generasi sebelumnya Thermal Interface Material baru supaya panas lebih efektif disalurkan ke heatsink dan peningkatan kestabilan tegangan listrik sehingga voltasenya tidak mendadak naik turun. Lebih difokuskan ke overclocking tampaknya.

      Tapi saya sendiri belum pernah menggunakannya sih, jadi belum bisa berkomentar lebih jauh apakah klaim Intel ini benar atau tidak.

Tulis komentar...