Mengetahui plagiarisme tulisan di Internet dengan CopyScape

Plagiarisme tampaknya menjadi hal yang mudah dilakukan dengan bantuan internet, anda hanya perlu mencari subjek tertentu di Google dan tinggal memilah hasilnya sesuai keinginan. Hal ini bisa merugikan si penghasil karya cipta, ia berusaha keras dalam membuatnya tapi hasil karya ciptanya dijiplak mentah – mentah dan tanpa menyebutkan sumbernya pula.

Mencari artikel atau sumber rujukan untuk tugas biasanya menjadi motivasi utama untuk melakukan penjiplakan penuh tulisannya. Ada juga yang bermaksud membuat duplikat dari posting di internet untuk dimuat di website atau blognya sendiri, tujuannya untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung. Walau cara – cara yang dilakukan ini tidaklah etis tapi dengan kemudahan internet etika menjadi anak tiri disini.

Cukup sudah pengenalan mengenai kondisi plagiarisme, sekarang bagaimana cara untuk mengawasi adanya plagiarisme terhadap hasil karya anda – terutama dalam bentuk tulisan? Apa yang harus anda lakukan untuk mencari plagiat dari tulisan anda?

Anda bisa menggunakan layanan dari CopyScape  untuk mengetahui apakah ada salah satu atau lebih dari tulisan anda dijiplak dan dibagikan di internet. Layanan yang diberikan pada versi gratisnya dapat membantu anda melacak hasil duplikat artikel tanpa seijin anda di internet. Masukkan alamat URL dari artikel yang anda curigai telah dijiplak di kotak pencarian untuk memulai proses pelacakan plagiarisme.
copyscape

Anda dapat melihat hasil dari proses pencarian disini dan alamat lengkapnya.

copyscape-search-result

Hal lain yang dapat anda lakukan adalah melakukan perbandingan  antara 2 alamat web atau artikel. Isikan dengan alamat web artikel anda dan alamat web yang anda curigai sama, atau anda bisa melakukan copy paste artikel anda ke dalam kotak pertama dan artikel lainnya ke kotak kedua.
copyscape-compare-two-web-pages-or-articles
Akan dilakukan analisa kemiripan tulisan dan kemudian muncul berapa persen miripnya antara kedua url atau tulisan yang anda masukkan dan dibagian mana yang sama persis ditandai dengan warna biru.

copyscape-compare-result

Setelah memastikan adanya plagiasi dari hasil tulisan anda, apa yang bisa anda lakukan? Cara pertama adalah menghubungi pemilik web dimana letak artikel hasil penjiplakan tersebut. Bila belum berhasil atau tidak ada balasan yang baik, anda bisa menghubungi web hosting yang menghosting website tersebut dengan menyebutkan DMCA (Digital Millennium Copyright Act). Selama hosting tersebut berada di Amerika maka permintaan DMCA harus direspon, tentunya anda harus memberikan argumen dan bukti yang mendukung klaim anda.

Satu pemikiran pada “Mengetahui plagiarisme tulisan di Internet dengan CopyScape”

  1. copyscape saya kira sangat bermanfaat sekali buat para blogger yang suka meningkatkan visitor dengan cara menulis artikel yang original. tpi sering kali ke originalan tersebut di kotori oleh blogger yang nakal yang ingin bekerja secara instan.
    .

Tulis komentar...