Mengetahui spesifikasi dan teknologi prosesor Intel

Intel merupakan pabrikan prosesor komputer terbesar di dunia, saya yakin kebanyakan kita menggunakan CPU dari Intel dan sebagian kecil dari AMD. Setiap generasi prosesor memiliki teknologi dan performa yang berbeda walaupun namanya mirip, jadi kita perlu tahu bagaimana cara membedakan prosesor yang baik dari yang buruk.

Anda bisa memakai Intel Processor Identification Utility untuk mengenal spesifikasi prosesor yang terpasang pada komputer atau laptop anda.

Informasi pertama pada tab Frequency Test adalah berapa frekuensi CPU Intel yang dikenali, anda akan mendapatkan apa jenis prosesor anda, berapa corenya, beserta kecepatannya disini, bus speed dan L2 Cache Memory.
intel-pidu-frequency-test

Tab kedua bernama CPU Technologies, akan berisi teknologi Intel apa saja yang tertanam. Mulai dari virtualisasi, hyper-threading, eksekusi 64-bit, SpeedStep, Instruksi SSE dari generasi awal sampai yang terbaru, teknologi enkripsi dan sebagainya disini.
intel-pidu-cpu-technologies

Terakhir adalah tab CPUID Data yang berisi detail spesifikasi prosesor. Ingin tahu klasifikasi dan generasi CPU anda? Disinilah tempatnya. Berapakah ukuran Level 2 cache, level 1 cache? Juga disini. Apakah ada fitur tambahan dari Intel? Tidak akan terlewatkan pada data yang dideteksi.
intel-pidu-cpu-data
Secara keseluruhan fungsinya memang sederhana dan khusus untuk mendapatkan informasi mengenai CPU berbasis Intel, tapi saya rasa sudahlah cukup kalau hanya ingin mengetahui secara sekilas apa saja kemampuan prosesor anda.

Tulis komentar...