Mengetahui theme WordPress apa yang digunakan website

Penggunaan WordPress sebagai CMS (Content Management System) pilihan dalam membangun website sudah menjadi hal yang umum terlihat. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam membuat dan menanganinya. Apalagi tampilan WordPress bisa diperindah dengan menggunakan theme baik yang berbayar maupun yang gratis.

Jika anda tertarik dengan tampilan suatu website dan mengetahui kalau situs tersebut menggunakan WordPress dan anda ingin menggunakan theme yang sama dengan website tersebut, ada cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan informasi theme WordPress yang digunakan.

Pertama kunjungi website yang anda ingin ketahui theme WordPress yang dipakai, kemudian klik kanan dan pilih “View Page Source”.

google-chrome-view-page-source

Perhatikan nama yang mengikuti setelah kata /wp-content/themes/ itu adalah nama direktori lokasi theme WordPress yang sedang dipakai, anda bisa menggunakan Google untuk mencari theme tersebut berdasarkan nama yang didapatkan.
Kalau mau detail lebih lanjut dari theme WordPress tersebut, lanjutkan dengan mencari file yang bernama style.css di source halaman web tersebut, anda bisa mencari menggunakan fitur Find dengan menekan tombol Ctrl+F dan mengisikan style.css di kotak yang tersedia.

google-chrome-view-source-find-style-css
Klik pada file style.css yang ditemukan dalam source code halaman web tersebut, akan muncul informasi mengenai theme WordPress yang terpasang di website tersebut.
google-chrome-view-source-style-css
Informasi apa yang bisa anda ketahui? Beberapa diantaranya adalah nama theme WordPress tersebut bisa didapatkan disini, alamat website theme tersebut, nama si pembuat theme WordPress, alamat website dari pembuat theme WordPress, dan deskripsi dari theme WordPress tersebut.

Kenapa informasi mengenai theme WordPress bisa didapatkan dari file style.css? Perlu diketahui dulu style.css adalah file yang berisi pengaturan bagaimana tampilan website berbasis WordPress, css disini adalah format dari Cascading Style Sheet. Standar dari informasi theme memang diletakkan pada bagian header (awal) file style.css sebagai komentar sehingga memang tidak ditampilkan ke umum kecuali anda menggalinya secara manual seperti cara mengetahui theme WordPress yang dipakai diatas.

Harap diingat bahwa informasi yang ditampilkan belum tentu akurat karena pemilik website dapat dengan mudah mengubahnya, si pembuat theme lupa mengisinya atau theme WordPress yang digunakan adalah custom bukan beli yang sudah jadi sehingga tidak ada informasi apapun yang ditampilkan.

Tulis komentar...