Menggabungkan file PDF dengan PDFBinder

Mungkin anda memiliki beberapa file PDF yang ingin disatukan, hal ini biasa terjadi bila anda menulis dokumen yang dipisahkan per bab ke setiap file. Hasil akhir laporannya dalam bentuk PDF ini tentu harus digabung untuk mempermudah membacanya dan mengurangi ada file yang terlewati saat mengirimkan ke orang lain.

Bisa runyam kalau ada masalah karena ada file PDF yang hilang atau anda mengirimkan seluruh file PDF yang ada sehingga merepotkan saat membaca setiap file tersebut. Untuk mengatur dan membuat rapi koleksi dokumen PDF anda, sebaiknya kalau memang antar file yang berhubungan seperti buku, laporan dan semacamnya lebih baik digabung saja menjadi satu file PDF.

Apa yang perlu dilakukan untuk mengabungkan beberapa file PDF ini? Anda bisa menggunakan software gratis bernama PDFBinder. Fungsi aplikasi ini cukup spesifik, yaitu melakukan penggabungan beberapa atau banyak file PDF sekaligus menjadi satu file PDF. Silahkan download terlebih dahulu installernya, kemudian jalankan program PDFBinder.
pdfbinder

Masukkan file – file PDF yang ingin anda gabung disini, klik Add file atau jatuhkan file PDF ke aplikasi ini.
pdbinder-added-pdf-files

Urutkan file PDF yang dimasukkan, anda bisa menggunakan tombol panah atas dan bawah yang disediakan untuk mengubah urutannya. Bila sudah yakin klik Bind!. Akan muncul jendela baru untuk nama dan lokasi penyimpanan file PDF dari hasil penggabungan, setelah anda menentukannya baru proses merging PDF ini dimulai.
pdfbinder-merging-pdf-files

Silahkan tunggu proses penggabungannya, lamanya tergantung berapa banyak dan berapa besar file PDF yang digabungkan. File PDF hasil penggabungan akan otomatis terbuka oleh program PDF Reader anda bila prosesnya telah selesai. Anda bisa memastikan tidak ada yang kurang atau salah pada file PDF gabungan tersebut dengan memeriksa hasilnya. Bila dirasa ukuran file PDF yang dihasilkan terlalu besar, mungkin anda bisa mencoba memperkecil ukuran file PDF tersebut.

Satu pemikiran pada “Menggabungkan file PDF dengan PDFBinder”

Tulis komentar...