Menggunakan Tor Browser tanpa Tor

Mungkin aneh kalau dibaca judulnya tapi nanti anda akan paham kok. Seperti yang kita tahu bahwa untuk mengakses situs yang dihosting dalam Tor atau ingin memaksimalkan privasi pengguna saat browsing maka paling mudah memanfaatkan Tor Browser. Nah racikannya sendiri aslinya dari browser Mozilla Firefox yang telah dimodifikasi agar memakai jaringan Tor dalam internetnya.

Terus, apa tujuannya menggunakan Tor Browser tanpa Tornya? Ya, memang tampaknya ga nyambung tapi ini ada hubungannya dengan privasi anda. Mungkin anda (tidak) tahu bahwa identitas kita bisa dianalisa dari rekam jejak browsernya. Istilah kerennya Browser Fingerprinting. Jadi kalau ada risih atau takut dilacak aktivitasnya tapi tidak ingin memakai Firefox maka bisa menggunakan forknya ini.

tor-browser-disable-tor

Langsung saja silahkan ketik about:config pada kotak alamatnya dan ENTER, kemudian konfirmasi saja pesan muncul. Kemudian lanjutkan dengan mengetikkan network.proxy.socks_remote_dns pada filternya dan ubah dari true menjadi false. Ini sudah cukup untuk menonaktifkan Tor dalam browsing anda selanjutnya, jangan lupa restart browser.

Tapi kalau anda ingin lebih menyeluruh dan tidak ingin service Tor aktif di background maka nonaktifkan juga extensions.torlauncher.start_tor.

Tulis komentar...