Menghapus beberapa atau semua tweet dengan TweetDelete

Pengguna berat Twitter umumnya memiliki frekuensi update tweet yang tinggi, hal ini mengakibatkan jumlah tweet bisa mencapai ribuan. Bagaimana solusinya kalau ingin menghapus beberapa atau semua tweet yang ada? Sayangnya Twitter tidak memberikan cara yang mudah untuk menghapus lebih dari 1 tweet, jadi kita harus repot mencari dan memilih satu persatu tweet yang ingin dihapus.

Untuk mengatasi masalah menghapus tweet secara massal ini anda harus berpaling pada layanan pihak ketiga seperti TweetDelete. Dengan menggunakan layanan situs ini anda dapat menghapus sebagian atau seluruh tweet yang pernah anda posting di Twitter. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan TweetDelete.

Silahkan sign in dulu dengan akun Twitter anda.
tweetdelete

Anda akan dialihkan ke halaman otorisasi app TweetDelete, berikan ijin dengan menekan tombol Authorize app.
tweetdelete-twitter-authorize-app

Halaman browser akan kembali ke TweetDelete, anda akan mendapati pilihan rentang waktu tweet yang akan dihapus secara otomatis. Jadi bila anda memilih 3 bulan, maka tweet yang sudah berusia 3 bulan atau lebih akan otomatis dihapus. Pilihlah dengan bijak karena setelah terhapus tidak akan bisa dikembalikan kembali tweet anda. Tulisan dengan warna merah berarti anda akan menghapus seluruh tweet yang ada pada akun Twitter anda. Klik Activate TweetDelete setelah anda menentukan pilihan anda.
tweetdelete-delete-multiple-tweet

Halaman berikutnya memberitahu kapan jadwal penghapusan tweet berikutnya dijalankan. Klik Turn off TweetDelete (or pick new settings) untuk mematikan fungsi hapus tweet otomatis atau menyetel kembali setting sebelumnya, anda akan kembali ke halaman sebelum bila anda menge-klik tombol ini.
tweetdelete-activation-information

Selesai! Mudah bukan? Tapi karena mudahnya proses menghapus lebih dari satu tweet ini anda harap berhati – hati supaya tidak salah hapus, karena tweet yang telah hilang tidak dapat dikembalikan.

Tambahan

Kalau anda membaca artikel ini dikarenakan masalah seperti tweet yang hanya muncul di profil tapi tidak di timeline atau jumlah tweet yang tidak sesuai, silahkan baca solusinya.

42 pemikiran pada “Menghapus beberapa atau semua tweet dengan TweetDelete”

  1. Saya mau tanya, jadi setelah saya menggunakan tweetdelete, twitter saya menjadi aneh. Semua tweet” yg saya post tidak muncul di profil saya sendiri. Tweet” yg saya post hanya muncul di Timeline. Jadi setelah menggunakan tweetdelete, tweet” yg saya post hanya keluar di Timeline dan tidak pernah muncul di profil saya sendiri. Sehingga orang yg ingin membaca tweet” yg saya post harus mencari” di Timeline karena tweet saya tidak akan keluar di profil saya sendiri.
    Kira” apa yg terjadi dengan twitter saya ini? Dan apa yg harus saya lakukan untuk membuat twitter saya ini kembali normal? Mohon bantuannya sekali, terima kasih.

    Balas
    • Wah… pertama saya mohon maaf dulu karena belum pernah mengalami hal ini, jadi saran saya mungkin bisa membantu atau tidak.

      Sudah mencoba mematikan TweetDelete terlebih dahulu? Takutnya setting TweetDelete anda terlalu agresif melakukan hal yang tidak diinginkan ke Tweet anda.

  2. Untuk penggunaan TweetDelete sudah saya pastikan kalo sudah di nonaktifkan namun tetap saja tweet” saya tidak terbaca jika dibaca lewat profil.
    Namun sekarang kabar baiknya, setelah beberapa hari sejak penggunaan aplikasi TweetDelete, tweet” yg saya post dapat kembali terbaca di profil mulai dari yg pertama yaitu via Ipad, Iphone, Android, dan terakhir Blackberry. Namun untuk via web, sampai sekarang tweet” saya msh belum dapat dibaca di profil, masih haru lewat Timeline. Ya saya hanya berharap saja mudah”an tweet” yg saya post sejak penggunaan TweetDelete dapat kembali bisa dibaca lewat profil jika via web.
    Ya itu sedikit share dari saya. Jadi jika ada orang yg mengalami masalah persis seperti saya, twitter tinggal ditunggu beberapa hari saja untuk bisa kembali normal. Terima kasih, mudah”an share ini bisa menjadi pelajaran baru

    Balas
    • Wah.. terimakasih untuk sharenya, masalah ini tampaknya berasal dari Twitter bukan dari salah setting TweetDelete. Mungkin masih refresh setting akun anda sejak dan setelah menggunakan TweetDelete.

  3. Halo gan, mohon maaf sekali jika saya mengganggu lagi. Ini saya mau cerita dulu, barusan kemarin ini saya nge revoke akses aplikasi TweetDelete dari Twitter saya dengan tujuan supaya akses aplikasi TweetDelete ini telah saya cabut dari Twitter saya. Namun, kenapa Twitter saya tiba” kembali aneh? Jadi tweet” saya ini kembali tidak bisa terbaca melalui profil. Baik menggunakan via Ipad, Iphone, Android, dll tetap tidak bisa membaca tweet” terbaru saya melalui profil.

    Apa ini ada hubungan nya dengan revoke akses yg saya lakukan? Sepertinya tidak kan? Karena tujuan revoke akses itu untuk mencabut akses aplikasi dari Twitter. Apa karena Twitter saya ini hanya kembali normal untuk sementara waktu saja? Atau karena Twitter saya masih refresh setting akun sejak dan setelah menggunakan TweetDelete? Dan kira” butuh waktu berapa lama untuk membuat Twitter saya kembali normal? Sekali lagi mohon maaf karena telah merepotkan anda, dan saya sangat butuh bantuan dari anda. Terima kasih yang sebesar-besarnya.

    Balas
    • Mohon maaf *sangat* terlambat membalasnya. Masalah yang dijelaskan ini baru pertama saya tahu, dengan sedikit menebak – nebak tampaknya masalah bukan dari anda kembali, jadi yang bisa dilakukan hanyalah menunggu.

      Saya sih menganggapnya semacam Google Dance dimana karena ada perubahan struktur maka sistem masih mencari data yang tepat dan menempatkannya pada posisi yang seharusnya.

    • Wah… ini yang saya bingung, seperti diskusi singkat saya dengan saudara Osmon – saya belum pernah mengalaminya. Hasil pencarian Google sendiri bisa dikatakan nihil atau tidak ada solusi yang tepat. Saran saya coba revoke semua akses apps di akun Twitter anda dan tunggu beberapa hari. Sepertinya saudara Osmon sendiri melakukannya dan masih penasaran apa penyebabnya.

    • Halo mbak Gina, bisa dijelaskan lebih lanjut masalah yang persis ini yang mana yah…? Saya anggap masalahnya setelah revoke access apps twitter kemudian tweets di profil anda bermasalah? Sementara ini solusi dari beberapa pembaca hanyalah menunggu. Pastikan sekalian revoke semua apps di twitter. Cara merevokenya sudah pernah saya tulis disini. Semoga sukses.

    • sore..
      iya jadi permasalahan diakun twitter saya ketika mau meng-tweet tidak bisa muncul di tweets profil tetapi hanya ada di timeline, itu kejadiannya setelah saya menggunakan akses tweetdelete. saya sudah mencabut aksesnya kok, tapi tidak ada perubahan, kalau misalkan menunggu beberapa hari, itu membutuhkan waktu berapa lama?agar bisa kembali memunculkan tweet saya diprofil. mohon solusinya
      terimakasih 🙂

    • Jadi gini mbak Gina, saya sendiri belum pernah mengalaminya. Solusi yang saya berikan mungkin ga akurat. Yang kepikiran cuma, sudah coba logout twitter dan tekan CTRL+F5? Ini supaya memaksa browsernya mereload halaman twitter dengan membersihkan cache. Browser itu sebenarnya menyimpan beberapa bagian website untuk mempercepat akses situs yang sering dikunjungi. Teori saya ini karena setting twitternya ganti tapi browser masing menggunakan cache lama. Semoga berhasil. 🙂

  4. oke terimakasih 😀
    mau nanya lagi nih..kalau menggunakan tweetdelete lalu meng-ceklis tulisan yang berwarna merah (delete all my existing tweets before activity this schedule). lalu meng-klik “one year old”
    Apa bila diceklis, lalu meng-klik “one year” kemudian memproses. Apa mungkin setiap saya meng-tweet yg baru akan tidak muncul selama 1tahun? atau bagaimana?
    soalnya saya mencoba menggunakan akun orang lain pada saat mengunakan tweetdelete kemudian tidak meng-ceklis tulisan merah itu, tetapi ketika saya coba meng-tweet masih bisa muncul ditweets profil.
    Jadi pertanyaanya apa bedanya kalau diceklis sm tidak diceklis? dari kata2 tersebut (delete all my existing tweets before activity this schedule)

    Balas
    • Soal one year itu maksudnya adalah umur tweet yang dihapus, jadi kalau tweet tersebut belum berumur 1 tahun akan dibiarkan saja. Jadi ini efeknya ke tweet lama anda, bukan yang baru.

      Checklist tersebut digunakan untuk menghapus seluruh tweet – tweet anda sebelum jadwal penghapusan tweetnya. Kalau dicheck akan berakibat seluruh tweet anda akan dihapus, jadi harap hati – hati menggunakannya.

      Semoga membantu 🙂

  5. iya bener tweet saya kehapus semua sampe2 kalau tiap ngetweet ngga tampil diprofil kecuali ditimeline, tapi kalau sudah dicabut aksesnya atau ganti passwrd bakal kembali muncul ngga yah? kalau saya ngetweet yang baru.
    apa selamanya kayak gitu?
    soalnya sudah berbagai cara yg ditunjukkan tidak ada perubahan

    Balas
    • Nah… ini yang membuat saya agak pusing memikirkannya. Soalnya saya sendiri juga menggunakan TweetDelete dan tidak ada masalah baik sebelum dan setelah mencabut hak aksesnya. Ganti password tidak ada hubungan dengan hak akses apps, karena akan langsung terintegrasi dengan akun Twitter walau password anda berubah. Caranya ya memang cuma me-revoke access apps tersebut kalau memang tidak ingin dimodifikasi lagi Twitter anda.

      Jadi menjawab pertanyaannya, setiap tweet yang terkena efek dari apps (TweetDelete) tidak akan kembali walau setelah di-revoke access apps-nya.

      Efek ini tidak akan berpengaruh pada tweet – tweet anda di masa depan setelah mencabut hak akses TweetDelete. Jadi matikan hak aksesnya kalau tidak mau kehilangan lagi tweetnya.

  6. maksudnya tidak akan kembali gimana?
    saya tidak masalah kalau tweet2 lama saya kehapus
    tapi harapan saya twitter saya bisa kembali normal 🙁
    meskipun tweet2nya sudah kehapus

    Balas
    • Oh maksud saya kalau tweet yang sudah terhapus (baik sengaja maupun tidak sengaja) tidak bisa dikembalikan. Twitternya masih belum normal mbak? Walaupun seluruh appsnya sudah direvoke?

    • Wah.. mohon maaf ga bisa memberi solusi lain mbak 🙁 sekarang ya cuma bisa menunggu atau menghubungi supportnya Twitter. Coba dijelaskan di formulir support masalahnya apa. Semoga cepat selesai.

  7. Selamat malam 🙂 keluhan saya sama seperti keluhan mereka semua, semua tweet yang saya buat tidak muncul di profil sy tp ditimeline muncul, jika saya membuka akun saya melalui profil teman tweet saya tdak terlihat.. Ini kenapa yah?

    Balas
    • Selamat malam juga mbak Acaa. Jadi bingung saya menjawab pertanyaan ini, soalnya kalau sudah dilihat bahwa jawaban saya untuk ini memang tidak ada solusi pasti. 🙁

      Saran saya tetap saja:

      1. Logout dan login kembali?
      2. Sudah dicoba CTRL+F5 untuk mereload halaman web tanpa cache?
      3. Revoke semua apps, dan tunggu beberapa hari.
      4. Kalau masih belum bisa juga bisa dihubungi supportnya Twitter.

      Maaf tidak bisa membantu banyak mbak, soalnya saya sendiri belum pernah mengalami masalah ini. Tapi kalau ada yang berhasil mohon diberitakan juga disini, biar saya juga ga penasaran kenapa kok bisa ada masalah.

  8. Iyaa, cara revoke smua apps caranya bagaimana yah kak? Kalo via iphone tweet sy dulu jarang muncul tp skrng menjadi kadang ada kadang jg gga 🙁 kalo via web tdk muncul sm skali kak. Dulu tweet saya 60rb stelah sy hapus smua tweet lama sy mmg trhapus kak tp knp tulisannya masih tinggal 50rb..trmksh

    Balas
    • Saya sudah pernah membahas cara revoke hak akses semua apps silahkan ikuti saja petunjuknya.

      Soal tweet di timeline tidak muncul dan jumlah tweet berbeda, akhirnya setelah saya mencari – cari ada titik cerah. Penjelasannya berasal dari pernyataan resmi Twitter dan saya berikan linknya.

      Sebenarnya soal tool menghapus tweet secara massal seperti ini memang sangat tidak disarankan oleh pihak Twitter sendiri untuk digunakan dan sudah dijelaskan dalam halaman Deleting a Tweet dan di halaman developer Twitter mengenai Delete all tweets. Secara spesifik dari Product Manager Twitter (Taylor Singletary) mengatakan kalau menggunakan tools untuk menghapus tweets sekaligus bisa merusak integritas data di timeline Twitter anda. Kalau timeline anda korup atau rusak maka hubungi @support atau melalui Twitter Help Center. Ini juga solusi yang disarankan oleh Twitter untuk mengatasi jumlah tweet yang tidak sesuai.

      Kesimpulannya mau tak mau mbak Acaa harus menghubungi bantuan Twitter untuk mengatasi masalah ini. Karena dari pihak Twitter sendiri juga mengatakan seperti itu, tidak ada cara memperbaiki kalau dari sisi penggunanya.

      Akhirnya saya menuliskan sebuah artikel tersendiri untuk membahas rusaknya integritas data akun Twitter karena penggunaan Apps.

      Semoga sukses

  9. permisi, mau tanya nih, tweetdelete ini kan untuk menghapus tweet-tweet lama, nahh kalo mau menghapus twet-twet yg baru-baru gimana yah?, sebab teman saya iseng main twitter saya tanpa saya tau, ngetweet dan meretweet yg gak jelas2 jadi saya ingin menghapusnya, please sarannya yaa, thanks before 🙂

    Balas
    • Selamat pagi Kekee,

      Iya, kalau menggunakan TweetDelete yang dihapus adalah tweet – tweet lama berdasarkan umurnya. Walau sebenarnya anda bisa mensettingnya supaya seluruh tweet dihapus juga.

      Kalau ingin menghapus secara massal tapi dengan tampilan yang lebih ramah saya sarankan menggunakan TweetEraser, nanti seluruh kicauan anda akan ditampilkan dan bisa dipilih mana yang dihapus sekaligus.

  10. sy terlanjur pencet ‘delete all my existing tweets before activity this schedule’ padahal sesungguhnya niatnya mau hapus tweet yg berumur lbh dari 1bln sj, bhubung tweet sy sdh 19rb-an saat itu smntara followers 15rb-an, mksudnya spy profil trlihat lbh mnarik :).

    Hasilnya di profil saat ini terlihat tweet 16rb-an ( mgkin sesuai dgn kpasitas tweetdelete yg hnya mmpu mghpus max 3200) tp koq yg hny muncul di timeline adalah tweet2 terbaru stlah mggunakan aplikasi tweetdelete (sekitar 10an tweet sj saat ngepost komentar ini).

    Bgaimana ya spy di profil ‘jumlah angka tweet’ sesuai dgn tweet sy. yaitu bukan 16rb-an tp hnya belasan. Ini akun sy, @batiktenunid .
    Tb4 🙂

    Balas
  11. permisi.. kalau tweet say sudah tidak muncul.. tapi nominalnya di profil masih muncul. itu kenapa ya? tolong beritahu saya solusinya ya? terimakasih

    Balas
    • Haha… kalau sudah ada ribuan tweetnya capek juga bacanya nanti. Bisa didownload kok seluruh tweetnya dijadikan arsip.

  12. malem kak, maaf ganggu ya:( aku mau tanya, masalah twitter aku hampir sama kayak mereka. jumlah tweets sama aslinya beda, tapi tweet aku muncul sih di timeline/pun profile. yang jadi pertanyaan, pas aku mau ngelapor masalah ke support, ada bacaan gini “:You are currently logged in to an account that is neither suspended nor locked. Please log out and log in to your suspended or locked account in order to submit this request.” maksudnya akun aku ke kunci gimana ya? please banget kak bantuin, aku barusan aja pake tweet delete eh jadinya malah begini, pengen nangis tauuu???

    Balas
    • Halo Bianca, anda melaporkan lewat form yang salah mbak maksudnya. Yang anda buka itu untuk masalah akun Twitter disuspend atau dikunci.

  13. Tweetnya udah ke delete semua jadi 0, tapi di profile web kok masih terlihat tweets 9,616. Itu cara benerinnya gimana ya? Twitternya @ikakhoirina coba liat kok aneh ya :/ Terima kasih.

    Balas
    • Halo Ika, memang ada resiko seperti itu mbak. Twitter sendiri tidak mendukung penghapusan massal. Solusinya mbak harus laporkan ke support dan minta akunnya dicek ulang datanya.

Tulis komentar...