Menghapus instalasi Adobe Reader dan Adobe Acrobat yang rusak

Baru – baru ini saya dimintai tolong untuk memperbaiki instalasi Adobe Reader yang gagal di Windows, ini berarti ada sesuatu pada program yang telah rusak. Uninstaller bawaan dari Adobe tidak bisa menghapus program dan instalasi ulang sayangnya juga tidak bisa dijalankan.

Pertama – tama jangan sampai anda menghapus folder program secara manual, dan ini bukan merupakan ide yang bagus, apalagi kalau tidak ada backup dari program, dan juga kita tidak mengetahui file yang mana yang sudah tidak digunakan dan tidak berpengaruh buruk terhadap sistem operasi.

Kalau anda mencoba menjalankan uninstall bawaan Acrobat Reader di Windows Uninstall atau Add/Remove Program, proses penghapusan sendiri tidak bisa berjalan, dan tampaknya ada file penting yang sudah terhapus.

Ada kejadian lain yang berpengaruh terhadap kemampuan anda meng-uninstall Adobe Reader atau Acrobat, seperti serangan virus atau crashnya Windows pada saat program berjalan.

Adobe memberikan program resmi untuk melakukan pembersihan terhadap instalasi Adobe Reader dan Acrobat. Cara kerja program pembersih ini tampaknya informasi file, folder dan data registry yang dikenali akan dibandingkan terhadap data – data yang ada dan bila terdapat yang sama maka akan dihapus.

Cara penggunaan Adobe Reader and Acrobat Cleaner Tool juga sangat mudah, anda hanya tinggal mengikuti petunjuk yang ada.

adobe-reader-and-acrobat-cleaner-tool

Pilihan? yang tersedia hanyalah jenis program yang ingin anda bersihkan yaitu Adobe Reader atau Adobe Acrobat dan jika ada direktori tambahan yang ingin anda bersihkan.

Aplikasi pembersih ini akan berusaha menjalankan uninstaller bawaan terlebih dahulu, bila gagal maka akan diberikan pilihan lebih lanjut.
adobe-reader-and-acrobat-cleaner-tool-option

Adobe Reader and Acrobat Cleaner Tool mendukung versi 9 keatas. Program ini tidak akan bekerja dengan baik bila anda menggunakan versi yang lebih lama dari didukung.

Anda juga bisa menjalankan program ini melalui command line dengan beberapa parameter yang disediakan:

  • /product= Isi dengan 0 untuk Adobe Acrobat dan 1 untuk Acrobat Reader.
  • /installpath= Lokasi instalasi program, dibutuhkan bila diinstal pada lokasi yang berbeda dengan defaultnya atau telah dipindahkan.
  • /cleanlevel= Mendefinisikan apakah hanya direktori instalasi yang dibersihkan dan dihapus atau dicari secara keseluruhan.
  • LogLevel= Bernilai 0 untuk tanpa log, sampai 4 untuk semua pesan dicatat. Nilai defaultnya adalah 3.

File log disimpan pada lokasi \Temp\RaftLogs\
Windows XP: \Documents and Settings\[username}\Local Settings\Temp\RaftLogs\AdbeArCleaner_v2.log
Windows Vista dan diatasnya: \Users\[username]\AppData\Local\Temp\RaftLogs\AdbeArCleaner_v2.log

Satu pemikiran pada “Menghapus instalasi Adobe Reader dan Adobe Acrobat yang rusak”

Tulis komentar...