Menghapus SMS secara massal di Android

Menjelang akhir tahun dan sampai hari ini banyak SMS yang masuk mengucapkan selamat hari raya dan tahun baru. Bahkan iklan dari operator seluler dan toko – toko pun membanjiri inbox handphone saya, SMS penipuan kadang masuk juga. Lama – lama mengganggu juga dan ingin membersihkan semuanya kok cukup banyak kalau harus dilakukan satu per satu. Ya, jadinya saya mencari cara menghapus SMS secara massal.

Handphone yang saya gunakan untuk melakukan hal ini adalah ASUS Zenfone 5 (Android Kitkat), tapi sekilas sudah saya cek di merek dan tipe lain kurang lebih sama metodenya karena sudah standar aplikasinya dari Google. Jadi langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membuka Settings (Setelan) dan kemudian pindahkan ke bagian Device (Perangkat) dan tap pada Apps (Apl).

android-settings-apps-downloaded-list

Selanjutnya silahkan cari aplikasi Messaging pada daftar aplikasi yang muncul dan tap untuk mengakses pengaturannya.

Kemudian pada jendela App Info langsung saja tap Clear Data untuk membersihkan semua SMS dan setting – settingnya, mungkin Clear Cache sekalian dijalankan untuk memastikan semua data untuk SMS terhapus tidak ada sisanya.

android-app-info-messaging

Nanti akan muncul jendela konfirmasi apakah anda benar – benar ingin menghilangkan data aplikasi Messaging tersebut, tap pada OK untuk melanjutkan prosesnya. Selesai.

Silahkan anda cek kotak masuk SMS anda dan semestinya akan kosong seperti baru pertama kali digunakan. 🙂

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...