Cara menghapus website dari CloudFlare

Tanpa disadari isi akun CloudFlare saya sudah terlalu banyak nama domain/website yang tidak digunakan lagi. Antara sudah tidak menggunakan layanan CloudFlare, websitenya sudah tidak dikembangkan atau nama domainnya sudah expired. Niatan saya ingin merapikan saja daftar situs yang ada didalamnya, ternyata malah bikin bingung bagaimana cara menghapusnya. Haha. 😀

Kalau anda juga kesulitan mencari caranya menghapus domain dari CloudFlare bisa mengikuti panduan ini. Pertama silahkan buka dulu dasbor CloudFlare disini: https://www.cloudflare.com/a/overview dan silahkan login kalau belum.

Dasbor CloudFlare

Kemudian klik nama website yang ingin dibersihkan dari CF. Nah disinilah letak setting yang menyesatkan karena seringkali kita obrak – abrik halamannya tidak ketemu juga opsi menghapusnya secara gamblang.

Ternyata memang agak tersembunyi dan bahkan kita tidak perlu membuka halaman setting lainnya setelahnya. Langsung saja klik Advanced dan baru anda akan menemukan opsi Pause dan Delete.

CloudFlare website overview

Tinggal anda klik dan konfirmasi untuk menghapus domain yang ingin anda buang dari akun CloudFlare anda. Selesai sudah uruannya. 🙂 Tapi kalau anda hanya ingin menonaktifkan layanan proteksi dan CDNnnya sementara bisa mencoba Pause, website anda akan tetap dapat diakses secara normal cuma tidak memanfaatkan fitur CloudFlare.

Semoga bermanfaat. 🙂

8 pemikiran pada “Cara menghapus website dari CloudFlare”

  1. Kalau pakai Cloudflare dan KeyCDN berbarengan konflik ngga ya? atau jadi lebih lambat gitu ngga?

    BTW, mau tanya, utekno hosting dimana dan paket apa? ni blog jos gandos kenceng abis…

    Thanks 🙂

    • Tidak mas. Lain sistemnya, kalau CloudFlare itu reverse proxy dengan fitur CDN dan KeyCDN itu CDN konvensional (Pull Zone). Bisa digabungkan. Saya pakai CloudFlare+MaxCDN.

      Pakai DigitalOcean SG mas, yang 4GB.

Tulis komentar...