Menghapus website dari Google Analytics

Sudah lebih dari 4 tahun saya menggunakan Google Analytics dan terus terang jarang saya perhatikan hal – hal lainnya selain analisa dan statistik website didalamnya. Ternyata pas lihat – lihat daftar situs yang dibuatkan kode trackingnya banyak yang sudah tidak ada lagi. Sisa – sisa proyek dan impian masa lalu yang gagal. Haha. 😀

Dibiarkan saja sih sebenarnya tidak masalah, tapi kalau isinya sudah puluhan jelas mengganggu tampilan informasi dalam Google Analytics. Kita juga menjadi sedikit lebih repot untuk membuka profil situs yang diinginkan, scroll halaman lebih lama atau membaca perlahan agar tidak terlewat saat mencarinya. Dibuat favorit sebenarnya bisa jadi solusi, tapi lebih baik langsung ke akarnya dengan menghapus properti website yang sudah tidak terpakai.

Nah… ternyata karena belum terbiasa dengan tampilan Google Analytics (yang kadang diupdate) kok tidak semudah yang saya bayangkan. Tidak bisa langsung klik kanan dan Delete misalnya. Setelah mencari kesana kemari ternyata opsi yang kita cari ada di halaman Admin, pilih Account yang berisi Property website yang ingin kita hapus dan klik View Settings.

google-analytics-property-settings

Nanti didalamnya akan ada pilihan Trashcan, klik saja dan konfirmasi untuk menghapus properti tersebut. Ini yang saya bicarakan bisa juga diterapkan pada tingkat akun dan view, jadi bisa lebih luas menyeluruh apa yang dihapus atau lebih spesifik apa yang dihilangkan.

google-analytics-move-property-to-trash-can

Selesai, hasilnya dalam akun anda tidak akan tampil lagi dalam daftarnya tapi bisa anda lihat riwayatnya dalam halaman Admin cuma bentuknya dalam keadaan nonaktif (pudar dan ada garis).

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...