Menghemat kuota internet dengan Google Chrome di Android

Biasanya akan 2 browser yang diikutkan dalam Android yaitu Browser (AOSP) yang fiturnya biasa saja dan Google Chrome untuk Android yang selalu diupdate sehingga akan ada penambahan fitur baru. Salah satunya yang cocok untuk digunakan di Indonesia adalah Reduce Data Usage yang berfungsi seperti Opera Turbo di browser Opera Mini.

Keduanya menggunakan sistem kerja yang sama, jadi setiap website yang diakses akan melewati server Google terlebih dahulu, dan ini dalam bentuk yang sudah dikompresi secara maksimal tanpa ada data yang kurang saat dimuat oleh Google Chrome.

Karena itulah kita bisa mengurangi dan menghemat konsumsi kuota internet saat browsing menggunakan Chrome di Android, jelas saja semuanya dalam keadaan teroptimasi dan ini akan terasa efeknya kalau kita kebanyakkan membuka situs yang berisi mayoritas teks dan gambar. Kalau bersifat multimedia seperti streaming video di YouTube atau mendengarkan lagu di SoundCloud hampir tidak ada penghematan yag terjadi.

Nah… sekarang bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Silahkan bukan browser Chrome dan tap pada tombol Menu (tiga baris horisontal, istilah kerennya adalah icon hamburger). Silahkan geser kebawah sampai anda menemukan opsi Reduce data usage, dan tap untuk membuka settingnya.
android-google-chrome-menu
Cara menghidupkan Reduce data usage ini cukup dengan tap atau menggeser tombolnya dari Off menjadi On, dan setelahnya setiap akses melalui browser ini akan otomatis dilewatkan server Google.
android-google-chrome-reduce-data-usage

Anda akan bisa melihat berapa persen penghematan penggunaan kuota data internet anda, berapa konsumsi bandwidth asli dan setelah dikompresi. Lengkap dengan grafiknya.

Fitur ini jelas akan sangat berguna karena mahalnya harga paket internet oleh operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Kecuali kita serng menggunakan WiFi gratisan di cafe. 😛

Bisa dikatakan kalau fitur semacam ini kita juga menggunakan proxy server, dan karena itulah kelebihannya kita bisa membuka akses situs – situs yang diblokir. Anggap saja bonus.

Tulis komentar...