Menghidupkan dan mematikan fitur hemat memori Google Chrome

Saya kurang tahu ini sudah diterapkan sejak Google Chrome versi berapa tapi yang pasti baru beberapa waktu ini. Jadi kalau anda buka link pada tab baru maka tidak akan langsung dimuat halamannya, harus anda klik baru dimuat konten situsnya. Kadang kalau ada tab yang sudah lama tidak diakses maka akan dibersihkan juga karena dianggap tidak terpakai, jadi nanti akan loading lagi jadinya. Membantu sih kalau memori anda terbatas, tapi membuat waktu menunggu lebih lama efeknya.

Karena saya kurang terbiasa akan perilaku baru Google Chrome ini dan tidak ada masalah dengan penggunaan RAM yang besar untuk browser maka saya ingin kembalikan ke setting semula. Dimana semua halaman dan tab akan dimuat, jadi kita tinggal klik ya sudah muncul dengan normal halamannya.

google-chrome-flags-enable-tab-discarding

Untungnya hal ini bisa diatur dari Chrome Flags, silahkan anda ketikkan chrome://flags pada kotak alamat dan ENTER. Kemudian cari Enable tab discarding dan ubah dari Default menjadi Disabled. Kemudian restart Google Chrome. Selesai untuk menonaktifkan fitur penghematan memori browser.

Tentu saja kalau ternyata fitur ini sangat membantu anda maka untuk mengaktifkannya kembali tinggal posisikan ke Enabled atau Default.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...