Menghilangkan garis merah di dokumen Word

Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana menghilangkan garis merah bergelombang yang muncul pada kata – kata tertentu di Microsoft Word 2007. Walau garis – garis yang muncul ini tidaklah memberikan efek negatif pada saat anda mengetikkan teks ke dalam dokumen, tapi karena akan selalu muncul maka pasti mengganggu juga kalau dilihat – sepertinya selalu ada yang salah padahal tidak.

Apa sih sebenarnya garis merah bergelombang ini? Sebenarnya ini adalah fitur dari Microsoft Word untuk menandakan adanya salah tulis atau ejaan dalam kata, atau kata tersebut tidak dikenali. Karena kata – kata yang kita tuliskan jelas ada di kamus bahasa Indonesia tapi dianggap salah atau tidak ada maka jelas penyebabnya adalah Word tidak mengenali bahasa Indonesia.

word-2007-document-spellcheck-active

Solusinya? Hilangkan saja garis merah ini secara permanen. Akses menu Options Microsoft Word 2007.
word-2007-menu
Kemudian pindahkan ke bagian Proofing, dan geser ke kotak “When correcting spelling and grammar in Word”, hilangkang centang pada “Check spelling as you type”. Klik OK, dan selesai sudah.
word-2007-options-proofing

Anda bisa melihat dokumen yang sedang anda kerjakan maka tidak akan muncul lagi garis – garis ini. Kalau anda ingin mengecek ejaan tulisan anda menggunakan bahasa Indonesia maka bisa memasangnya sendiri menggunakan kamus bahasa Indonesia.

Tulis komentar...