Menghilangkan kotak website url pada form komentar WordPress

Frustasi karena banyak spam yang masuk ke blog WordPress anda? Walau sudah dipasang Akismet masih ada saja komentar tidak bermutu yang berhasil tembus. Ini biasanya bukan salah Akismet tapi karena si spammer adalah manusia bukannya bot, dan memang karena layanan ini lebih sakti kalau menggunakan bahasa Inggris dari Indonesia.

Nah… setidaknya untuk mencegah ada yang komentar dengan nama keyword dan ditambah alamat website dari si komentator ada baiknya dihapus atau dihilangkan saja secara permanen kotaknya.

wordpress-comment-form

Cara berikut memerlukan modifikasi pada file functions.php di folder tema WordPress yang sedang aktif, buka file tersebut dan lakukan pengeditan dengan menambahkan kode dibawah:
add_filter('comment_form_default_fields', 'url_filtered');
function url_filtered($fields)
{
if(isset($fields['url']))
unset($fields['url']);
return $fields;
}

Sekarang pada form komentar anda tidak ada kotak untuk menyisipkan url website, dan ini bisa menurunkan minat para spammer manual untuk menuliskan komentar di blog anda.

Kalau ada update pada theme yang sedang anda gunakan maka and perlu melakukan proses ini lagi. Supaya tidak perlu repot setiap kali ada versi baru tema WordPress maka silahkan gunakan plugin untuk menghapus field website url ini.

Oh ya, anda tidak bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan kolom website url pada form komentar menggunakan Jetpack Comments. Anda terpaksa mematikan plugin ini kalau tetap ingin menghapusnya.

7 pemikiran pada “Menghilangkan kotak website url pada form komentar WordPress”

  1. nah yang dicari-cari akhirnya ketemu disini, trims infonya om.. πŸ™‚

    di fitur wordpress-nya sendiri kayaknya juga ada kalo tidak salah, tinggal atur centrang komentar di fitur screen option-nya saat akan buat postingan. cmiiw… πŸ™‚

    Balas
    • Hmmm… mematikan kotak url di form komentar? Lewat pembuatan posting? Saya kok belum pernah melihatnya ya, ini saya cek apakah disembunyikan lewat screen option pada halaman posting. Yakin bukan tambahan dari plugin?

Tulis komentar...