Mengubah kualitas video YouTube

Kalau anda pernah menonton video di YouTube pasti pernah melihat kalau kualitas video kadang berubah – rubah selama dimainkan, kadang bisa jernih tapi kadang bisa jadi pecah – pecah. Ini juga merupakan salah satu keluhan dari teman saya kemarin malam, untungnya cara mengatasinya cukuplah mudah.

Caranya? Ubah saja kualitas video yang diputar, tips ini merupakan hal dasar tapi bisa jadi terlewatkan. Tapi anda bisa menentukan sendiri seberapa tinggi detail dari video yang anda putar.

Pada video yang sedang anda putar klik saja Settings (icon gear yang terletak di posisi kanan bawah playernya), maka akan muncul Quality dan setting kualitas videonya, defaultnya adalah Auto disusul oleh berapa resolusi sekarang yang aktif. YouTube secara default akan otomatis menyesuaikan resolusi videonya berdasarkan kecepatan koneksi internet anda, inilah yang dimaksud dengan Auto.
youtube-video-settings

Untuk menggantinya maka klik saja pada opsi kualitas video yang ditampilkan, dan akan muncul pilihan kualitas video yang tersedia. Klik saja pada resolusi yang anda inginkan, untuk streaming saya sarankan minimal 480p sudah cukup bagus, 720p akan lebih bening lagi, dan 1080p kalau anda suka yang HD.

youtube-video-settings-quality

Tentu saja dengan memaksa memainkan video dengan kualitas tinggi akan semakin lama loadingnya, apalagi koneksi internet anda terbatas. Saya sarankan agar ditunggu saja sampai selesai download semua bagian videonya dan baru mainkan dari awal supaya lancar.

Oh ya, kalau opsi resolusi videonya tidak lengkap atau tidak ada yang definisi tinggi ini disebabkan oleh yang mengupload video memang tidak menyediakannya. YouTube tidak bisa berbuat apa – apa kalau video sumbernya tidak bagus tampilannya.

Satu pemikiran pada “Mengubah kualitas video YouTube”

Tulis komentar...