Mengubah MKV ke MP4 secara mudah dan cepat dengan MKVtoMP4

Format MKV merupakan salah satu format terpopuler dalam distribusi video di internet, selain memiliki kualitas gambar yang baik juga suaranya jernih. Umumnya orang menonton video dengan ekstensi MKV di komputer dengan berbagai jenis software media player. Sayangnya masih belum banyak perangkat seperti tablet, handphone atau DVD player yang mendukung MKV dalam memainkan video, biasanya format video yang didukung adalah MP4.

Konversi MKV ke MP4 biasanya memakan waktu lama karena video dalam MKV diencode ulang ke format MP4. Gunakan aplikasi MKVtoMP4 untuk mempersingkat waktu konversi video ini, MKVtoMP4 tidak akan melakukan konversi (transcoding) video bila format video dari asal bisa didukung oleh MP4 (h264). Sehingga konversi akan dilakukan terhadap audio saja, biasanya dari format AC3 ke MP3.Dengan kondisi ideal maka proses ini akan memakan waktu beberapa menit saja.
mkvtomp4

Beberapa fitur tambahan lainnya dari program ini yang dapat membantu anda :

  • Dukungan beberapa track audio, jadi bisa terdapat beberapa suara dalam satu video.
  • Mendukung beberapa format subtitle seperti srt, ass, ssa, ttxt.
  • Tambahkan dan ubah tag pada file MP4 (m4v, m4a, m4b).
  • Dukungan Artworks dan chapter untuk file MP4.
  • Konversi video selain format h264
  • Memperbaiki atom pada file MP4 supaya dapat mengganti audio dan subtitle pada perangkat Apple.
  • Dapat mencari tag pada TheTvDB, TheMovieDB dan iTunes.

Cara lain yang mungkin lebih cepat tapi dibatasi kemampuan koneksi internet anda yaitu video yang ingin anda konversi diupload ke YouTube dan setelah selesai segera anda download video tersebut. Jangan lupa hapus juga video hasil upload anda.

 

28 pemikiran pada “Mengubah MKV ke MP4 secara mudah dan cepat dengan MKVtoMP4”

    • Terus terang saya tidak memiliki BlackBerry jadi kurang tahu juga apakah bisa dimainkan atau tidak. Tapi file hasil konversinya adalah standar MP4, kecuali resolusi atau kualitasnya terlalu tinggi tampaknya tidak ada masalah.

    • Selamat malam Rion, boleh tahu mengalami kesulitan penggunaan dimananya? Seingat saya cukup memasukkan video MKV sumber dan akan otomatis dikenali jenis video dan audio beserta codecnya.

    • Tergantung codecnya mas, kalau di MP4 bisa digunakan maka cuma proses konversi container saja dan ini membutuhkan waktu beberapa menit saja.

      Bila codec yang digunakan di MKV tidak didukung di MP4 maka akan dilakukan proses encoding video dan audio, dan ini yang menjadi lama bisa 1-2jam tergantung spesifikasi komputer dan kualitas videonya.

    • Hmm… coba pakai VLC (VideoLAN) untuk konversinya mas:
      1. Pada sisi kanan atas programnya pilih tab Media.
      2. Nanti akan ada opsi Convert/Save
      3. Klik Add untuk menambahkan file video MKV yang ingin dikonversi.
      4. Pilih hasilnya dalam format apa dalam opsi Profile. Ada pilihan MP4 disini.
      5. Isikan lokasi folder penyimpanan hasil konversi di Destination.
      6. Klik Start untuk memulai prosesnya.
      Sisanya tinggal menunggu saja.

  1. Mas koq error ya

    Started processing file: C:/Users/GHM/Downloads/Video/Kumpulan Lagu Terbaik Ari Lasso (best audio) – YouTube_2.MKV
    Starting FFmpeg with the parameters:
    ../Tools/ffmpeg/x64/ffmpeg -i “C:/Users/GHM/Downloads/Video/Kumpulan Lagu Terbaik Ari Lasso (best audio) – YouTube_2.MKV” -map 0:1 -y “../Temp/Kumpulan Lagu Terbaik Ari Lasso (best audio) – YouTube_2_internal_audio_2.wav”
    Starting x264 with the parameters:
    ../Tools/x264/x64/x264 –crf 20.000 –preset superfast –no-interlaced –profile high –level 4.1 -o “../Temp/video.h264” “C:/Users/GHM/Downloads/Video/Kumpulan Lagu Terbaik Ari Lasso (best audio) – YouTube_2.MKV”
    ffms [error]: could not create video source
    lavf [error]: could not find decoder for video stream
    avs [error]: failed to load avisynth
    raw [error]: raw input requires a resolution.
    x264 [error]: could not open input file `C:/Users/GHM/Downloads/Video/Kumpulan Lagu Terbaik Ari Lasso (best audio) – YouTube_2.MKV’ via any method!
    x264 terminated with error: 4294967295
    Total time: 1 min. 14 sec.
    0 files processed.
    1 errors.

    • Halo Budi, berarti itu softsub mas subtitlenya. Setahu saya memang tidak dilakukan merge/penggabungan subtitle kedalam videonya langsung kalau pakai software ini.

      Coba pakai VLC mas, mungkin bisa.

  2. Cara lain dari awal jika tidak ingin mendownload video berformat mkv adalah dengan IDM (Internet Download Manager) yaitu pada saat keluar pilihan download silahkan ganti format .MKV menjadi .MP4 nanti otomatis hasil download menjadi .MP4

  3. Gan,waktu saya mengkonversi file MKV ke MP4 selalu saja tidak ada audionya…jadi cuman video saja…gmana nih biar lengkap ada video+audionya

Tulis komentar...