Menguji kecepatan dan akurasi mengetik dengan Typing Test

Anda ingin mengetahui sebenarnya seberapa cepat anda mengetik? Tentu saja tidak asal ketik tombol di keyboard, tapi menuliskan suatu paragraf dengan tingkat akurasi yang tinggi dan kecepatan yang baik.

Sekarang anda bisa memastikan kemampuan anda dalam mengetik, lengkap dengan statistiknya. Cukup gunakan Typing Test untuk menguji kecepatan dan akurasi ketikan anda. Cara memulai tes mengetiknya adalah cukup dengan menekan tombol Start dan tunggu sesaat.

Anda harus menulis ulang paragraf yang muncul persis aslinya, baik huruf kapital, spasi, dan tanda baca yang digunakan. Kalau teks yang muncul menjadi berwarna merah maka ada yang salah ada huruf yang anda ketik. tekan backspace untuk memperbaiki kesalahan anda. Kalau anda kurang puas dengan teks yang dijadikan ujian entah karena terlalu panjang atau rumit, tekan saja tombol Esc maka Typing Test akan memuat teks ujian lainnya secara acak.

typing-test-in-progress

Setelah selesai maka anda bisa melihat grafik kecepatan menulis anda di sebelah kiri, berapa kecepatan anda dalam satuan WPM (Words Per Minute) atau berapa kata per menit. Saya sendiri memiliki kecepatan mengetik yang bisa dikatakan… cukup rendah (32 WPM). Bagaimana dengan skor anda? Akurasi tulisan anda akan ditampilkan juga dan jumlah kesalahan yang anda buat dalam pengujian.

typing-test-result

Bila anda mencoba Typing Test berulang kali maka anda bisa melihat kemajuan (atau kemunduran) dari hasil pengujian kecepatan mengetik anda di grafik yang diperlihatkan dibagian bawah.

typing-test-speed-graph

Tidak dilupakan juga grafik dari kesalahan yang anda perbuat dalam setiap pengujian apakah menjadi lebih baik atau buruk. Tulisan berwarna biru menandakan urutan ketik yang salah, pink untuk salah penggunaan huruf kapital atau tidak, oranye untuk kesalahan mengetik ganda, dan merah untuk kesalahan jenis lainnya.

typing-test-mistakes-graph

Secara keseluruhan pengujian kecepatan mengetik online oleh Typing Test ini mampu memberikan gambaran terhadap kemampuan kita sebenarnya dalam mengetik cepat beserta akurasinya. Mungkin ini akan memacu anda dalam meningkatkan kemahiran anda dalam mengetik menggunakan keyboard. Anda juga bisa menantang teman anda dalam kecepatan mengetik, bandingkan saja skor anda dengan dia dan tentukan siapa yang berjaya.

Tulis komentar...