Menguji kemampuan hosting dengan Load Impact

Populernya sebuah website kadang tidak bisa diramalkan, tapi tidak ada salahnya kita sudah mempersiapkan infrastruktur web hosting kita supaya mampu bekerja dengan beban tinggi. Apalagi kalau situs anda adalah sebuah toko online, malah jangan sampai terlalu banyak pengunjung membuat website anda tidak bisa diakses. Jadi perlu dilakukan tes terhadap kemampuan beban kerja hosting anda sebelum anda terlambat nantinya.

Kenalkan Load Impact sebuah layanan pengujian beban server atau website (load testing) yang nanti hasilnya bisa dijadikan tolak ukur sampai berapa pengunjung baru situs anda bertahan. Cara menggunakannya cukup mudah langsung saja masukkan alamat website yang ingin dites dan klik Run free test.
load-impact

Anda akan diminta untuk mendaftarkan sebuah akun supaya hasil pengujiannya tidak bisa dilihat umum, ini tidak wajib dilakukan. Pilihan ini bisa dilewati dengan klik No, Start Test!
load-impact-make-your-test-results-private

Proses pengujian performa website anda saat diakses oleh banyak orang akan dimulai, Load Impact akan membuat pengguna yang disimulasikan (virtual user) untuk mengunjungi website anda. Anda bisa mengetahui berapa banyak orang aktif saat itu (VU), berapa jumlah koneksi TCP ke server aktif, berapa jumlah bandwidth yang dihabiskan saat itu, nilai total bandwidth yang telah digunakan dan angka total request data ke server.
load-impact-load-testing

Lokasi asal load testing website akan dengan indah diperlihatkan melalui peta, dan progressnya dalam console di sebelah kanan.

Yang lebih menarik adalah melihat berapa kecepatan halaman website anda dimuat dibandingkan jumlah pengunjung yang sedang aktif, kalau semakin banyak orang dan waktu akses situs anda tetap atau cuma naik sedikit maka bisa dibilang sukses mampu menangani lonjakan traffic.
load-impact-user-load-time-clients-active-chart

Sebenarnya masih ada detail lain dari hasil testing load website dari Load Impact seperti statistik resource yang dimuat, halaman yang dibuka, waktu akses rata – rata dan bisa anda eksplorasi sendiri nanti.
load-impact-url-content-type-load-time-distribution-chart

Kalau ternyata hosting situs anda kewalahan menampung peningkatan pengunjung palsu ini maka ini adalah peringatan anda bersiap – siap. Catat pada angka berapa hosting ada sudah tidak mampu melayani pengunjung dan bila melalui statistik atau analytics website anda sudah mendekati jumlah pengunjung yang akan merepotkan situs anda maka ini adalah pertanda saat migrasi atau upgrade hosting.

Tulis komentar...