Mengukur kecepatan baca dan tulis USB Flashdisk dengan USB Flash Speed

Memiliki USB Flashdisk untuk media penyimpanan portable tampaknya sudah menjadi hal yang wajar, apalagi dengan kapasitasnya yang meningkat dan harganya juga terjangkau. Anda pasti mendapati spesifikasi dari setiap USB Flashdisk seperti kapasitas, dukungan USB 2.0 atau USB 3.0, kecepatan baca dan tulis, dan sebagainya. Tapi sebenarnya berapa kecepatannya untuk membaca data dan menulis data?

Kecepatan yang tertulis di spesifikasi belum tentu adalah kecepatan yang akan didapatkan saat penggunaan di dunia nyata, ini yang bisa menyesatkan. Faktor – faktor lain seperti jenis chip Flashdisk, tipe koneksi USB, latensi proses hanyalah beberapa diantaranya.

Lebih anda memastikan kecepatan baca dan tulis USB Flashdisk anda menggunakan USB Flash Speed. Ukuran program ini sangatlah kecil, bahkan tidak mencapai 100KB dan juga tidak diperlukan instalasi. Cara menggunakannya cukup pilih USB Flashdisk anda pada bagian Drive, kalau belum dikenali klik tombol Refresh List. Kemudian tekan tombol Benchmark untuk memulai tes kecepatan baca dan tulis USB Flashdisk.

usb-flash-speed-benchmarking

Proses pengujian kecepatan read dan write ini berlangsung selama beberapa menit, tapi anda bisa memantau progressnya dengan melihat pada grafik yang ditampilkan. USB Flash Speed akan menuliskan dan membaca file berukuran 16MB, 8MB, 4MB, 2MB, 1MB, 512KB, 256KB, 128KB, 64KB, 32KB, 16KB, 8KB, 4KB, 2KB dan 1KB. Kalau diperhatikan semakin kecil ukuran filenya kecepatan baca dan tulisnya akan ikut menurun.

Hasil pengujian kecepatan baca dan tulis juga akan dikirim ke website USB Flash Speed.

usb-flash-speed-report-link

Disini anda bisa membandingkan USB Flashdisk anda dengan yang lain dan bisa mengetahui spesifikasi dan kecepatan rata – rata untuk proses membaca dan menulisnya.

usb-flash-speed-test-result

Sekarang anda telah mengetahui dengan pasti kemampuan sesungguhnya dari USB Flashdisk yang dimiliki, kalau kecepatannya tidak sesuai dengan yang dipromosikan lebih baik anda minta tukar dengan yang baru. Ini bisa digunakan untuk mencegah penipuan juga.

Tulis komentar...