Mengurangi CPU Usage iTunes

Salah satu aplikasi wajib bagi pengguna perangkat Apple di Windows adalah iTunes, yang selain untuk manajemen musik juga berfungsi untuk sinkronisasi perangkatnya ke PC. Tapi sayangnya aplikasi ini menurut saya terlalu berat dibandingkan manfaatnya, dari sisi penggunaan CPU cukup terasa lah (5-10%) dan RAM yang jelas terpakai untuk hal yang belum tentu berguna.

Solusinya kita bisa menghapus komponen yang tidak anda gunakan di Windows, atau pakai tool tambahan untuk menutup otomatis satu atau lebih proses tambahan dari iTunes.

 

Kalau ragu untuk membuang fitur – fitur yang tidak dibutuhkan, mungkin takut jadi rusak, bisa menggunakan aplikasi iTunes CPU Redux: https://www.wideanglesoftware.com/itunescpuredux/

Intinya aplikasi kecil ini (700 KB) akan memantau proses iTunes berikut: MobileDeviceService, MobileDeviceHelper, SyncServer dan distnoted. Kemudian setting defaultnya adalah mematikannya. Tentu bisa anda atur sendiri kalau ternyata salah satu atau lebih dari proses tersebut ternyata dibutuhkan.

Program ini bisa dipakai di Windows 7, 8/8.1, dan 10. Membutuhkan .NET Framework 4.5 juga. Jadi kalau ada masalah dalam instalasinya kemungkinan ini penyebabnya.

Leave a Reply