Meningkatkan performa dan kecepatan WordPress dengan W3 Total Cache

WordPress aslinya tidaklah lambat, tapi kalau diletakkan dalam shared hosting dan saat website anda populer maka tidak lama kemudian akan sering muncul error. Ini bukan salah WordPress melainkan spesifikasi layanan hosting anda terbatas dan kewalahan dalam melayani pengunjung. Karena itulah kita perlu mengoptimalkan konfigurasi WordPress dan tentunya dibantu dengan plugin cache.

Proses caching adalah membuat halaman statis pada konten yang sering diakses, ini membuat WordPress tidak perlu berulang kali menciptakan halaman yang sama untuk pengunjung berbeda. Jelas beban server hosting akan berkurang, situs anda mampu melayani pengunjung lebih banyak dan dengan cepat.

Salah satu plugin cache yang cukup baik dan lengkap fitur – fiturnya adalah W3 Total Cache, cukup dengan menginstall plugin ini dan mengaktifkannya dengan setting default sudah akan terasa bedanya. Ada banyak aspek dari cache WordPress yang bisa diatur seperti tipe cachenya, sampai kapan cache tersebut bisa digunakan dan kadaluarsa, kemampuan kompresi dan minify dari HTML, CSS, dan JavaScript, integrasi terhadap layanan CDN (saya menggunakan MaxCDN).

w3-total-cache-general-settings

Saya akui konfigurasinya cukuplah kompleks dan bahkan saya pada awalnya malah salah setting W3 Total Cache yang menyebabkan pluginnya aktif tapi tidak bekerja. Kalau tidak mau bingung pada tab General Settings, opsi “Toggle all caching types on or off (at once)” silahkan diaktifkan.

Tips saya cuma satu: jangan mengaktifkan minify lebih dahulu. Misal anda ingin menggunakan minify maka silahkan bereksperimen mana script yang aman dikombinasikan dan dikompresikan. Kalau asal diaktifkan semua mode cachenya dijamin website anda besar kemungkinan akan rusak tampilannya.

Semoga membantu. 🙂

4 pemikiran pada “Meningkatkan performa dan kecepatan WordPress dengan W3 Total Cache”

  1. Gan kalau minify html & CSS boleh dan aman ga buat adsense? Kmd di cloudfare jg ada minify. Kalau misal sudah minify di w3 total cache apa harus di minify di cloudflare jg? kalau utekno sendiri di minify atau engga?

    • Halo Suprapto, saya ga pakai Minify dari W3TC dan CloudFlare mas. Memanfaatkan dari plugin lain, Autoptimize namanya.

  2. masgan. Kalau sudah terinstal w3 total cache, lalu ada info untuk update theme. Apakah langsung instal update theme atau disable plugin terlebih dahulu atau diuninstal dulu pluginnya ? biar ga eror. thx

    • Aslinya malah sangat diajurkan melakukan backup dulu mas baru update semuanya. Tapi selama ini langsung update semuanya tanpa dimatikan plugin dan sebagainya masih tetap normal kok.

Tulis komentar...