Menjalankan program berbahasa asing di Windows

Kadang kita memerlukan untuk menjalankan program yang tidak menggunakan bahasa Inggris atau bahasa dengan penggunaan huruf latin lainnya dalam tampilannya. Bila hanya masalah bahasanya lain saja kadang kita masih bisa memaksa diri memahami fungsinya walau tidak bisa membacanya. Tapi kalau ada program yang langsung crash atau tertutup saat dijalankan bukan di versi Windows yang mendukung bahasanya maka kita perlu melakukan cara “curang”.

Kalau anda sedang mengalami masalah dalam menjalankan aplikasi berbahasa Jepang, Cina, Korea dan bahasa lain dengan karakter tidak standar maka ada solusi mudahnya dari Microsoft. Aplikasi ini bernama AppLocale dan tidak sengaja saya temukan saat berusaha menjalankan sebuah program yang hanya ada edisi Jepangnya dan tidak bisa dipakai di Windows 7 dengan cara biasa. Dalam proses pencarian saya ternyata AppLocale cukup sering digunakan oleh para penggemar game dengan genre Visual Novel dan memang game ini mayoritas berasal dari Jepang.

Kembali ke fokus pembicaraan. Cara menggunakan AppLocale sangatlah mudah, jalankan dahulu dan ikuti wizardnya. Pertama masukkan saja lokasi file aplikasi yang ingin dijalankan.
applocale-locate-the-application

Setelah itu pilih apa bahasa yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Kalau anda memerlukan dalam bahasa Jepang maka pilih opsi paling bawah, simbolnya sesuai dengan ada yang didalam gambar.
applocale-detect-the-language

Bila aplikasi tersebut bisa diakali dengan AppLocale (semoga saja) maka akan muncul layaknya program normal, dan tulisannya pun tidak kotak – kotak atau muncul karakter ngawur tapi mengikuti bahasa aslinya.

Walaupun tool kecil buatan Microsoft ini jarang digunakan tapi cukup penting perannya kalau kebetulan membutuhkan menjalankan program yang bahasanya tidak didukung di Windows tanpa setting lebih lanjut atau ada secara default. Apalagi saya menjadi tertarik terhadap beberapa judul Visual Novel saat sedang mencari solusi masalah saya sebelumnya. 😛

Tulis komentar...