Menjalankan program dalam keadaan jendela minimized di Windows

Ada saatnya kita ingin menjalankan program tapi tidak ingin jendelanya muncul di layar, mungkin akan digunakan belakangan atau isinya tidak ingin dilihat orang. Untuk kasus saya adalah aplikasi torrent downloader uTorrent dimana kalau sudah terbuka maka proses download yang belum selesai akan otomatis dilanjutkan, cukup dieksekusi tanpa perlu melihat jendelanya.

Jadi bagaimana caranya membuka program tapi langsung dalam keadaan minimized jendelanya, cuma terlihat icon dan nama programnya di taskbar hasilnya. Nah… kita perlu memanfaatkan shortcut dari aplikasinya, cuma bisa dari sini soalnya. Kemudian klik kanan dan pilih Properties.

utorrent-shortcut-properties

Didalamnya pastikan tab yang terbuka adalah bagian Shortcut dan pada baris Run ubah defaultnya dari Normal menjadi Minimized, kalau Maximized maka jendela programnya akan full screen menutupi layar – cocok buat video player kalau tidak ada settingnya.

Selesai. Asalkan anda memanggil programnya lewat shortcut tadi maka akan muncul jendelanya dalam keadaan minimized ditaskbar.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Menjalankan program dalam keadaan jendela minimized di Windows”

Tulis komentar...