Menyembunyikan seluruh icon dan mematikan akses pada desktop Windows 7

Ingin mematikan seluruh akses pada seluruh icon di desktop Windows 7 dan sekaligus menyembunyikannya? Kasus seperti ini biasa ditemui pada komputer yang digunakan umum atau kiosk yang hanya ada satu aplikasi yang berjalan secara fullscreen. Jangan sampai anda menghapus secara manual icon – icon yang ada, memang bisa sih tapi lebih baik matikan akses secara total kemampuan modifikasi desktop Windows.

Anda membutuhkan Group Policy Editor untuk melakukannya, jalankan run command (Windows+R), kemudian ketikkan gpedit.msc dan tekan tombol ENTER.
windows-run-command-gpedit-msc

Arahkan menuju User Configuration > Administrative Templates > Desktop. Kemudian cari “Hide and disable all items on the desktop” dan double click.

gpedit-user-configuration-desktop

Jendela konfigurasi untuk Hide and disable all items on the desktop akan terbuka, ubah nilainya menjadi Enable dan OK.

gpedit-hide-disable-all-items-desktop
Kebijakan komputer ini baru akan diterapkan setelah anda melakukan log-off kemudian login lagi, atau sekalian saja restart komputer tersebut.

Solusi ini cocok bagi para system administrator supaya tidak ada user yang asal mengutak – atik tampilan desktop, juga biasanya kantor memberikan kewajiban supaya semua komputernya sama tampilannya.

Tulis komentar...