Menyimpan daftar proses yang sedang berjalan ke dalam teks di Windows

Mengetahui proses atau program apa yang sedang berjalan saat terjadinya masalah merupakan langkah yang penting, apalagi kalau tidak jelas apa penyebab errornya. Karena tidak mungkin kita menuliskan satu persatu apa isi dari task manager lebih baik kita mengotomatiskan pembuatan daftar proses dan menyimpannya kedalam file teks.

Sayangnya task manager tidak menyediakan cara untuk menyimpan datanya ke dalam sebuah file. Tapi jangan khawatir ternyata ada cara lain dan tidak perlu menginstall program apapun.  Cukup dengan menggunakan command prompt anda bisa melihat seluruh proses yang ada, ketikkan saja tasklist dan tekan ENTER.

command-prompt-tasklist

Sudah? Sekarang cara menyimpannya dalam sebuah file teks. Ketikkan saja tasklist > c:\proses.txt dan tekan ENTER. Maka sebuah file teks baru dengan nama proses akan muncul di drive C.

command-prompt-tasklist-saved-as-text

Kalau anda buka akan muncul daftar proses yang sedang aktif waktu itu.
windows-process-list-saved-as-text

Setelah itu tinggal pelajari apa isinya dan mencari proses apa yang kemungkinan menyebabkan error. Saya sering menginstruksikan cara ini ke teman saya yang meminta tolong untuk troubleshooting masalah di komputernya.

Tulis komentar...