Menyimpan halaman website secara online

Setiap konten yang ada di website tentu bisa dengan mudah diakses kapan saja dan dimana saja, tapi bisa jadi antara situsnya mati atau isinya dihapus oleh pembuatnya, bisa juga sudah diblokir. Kalau informasi yang ada dalam halaman itu penting dan mungkin anda tahu usia kontennya tidak akan lama sebelum lenyap maka bisa menyimpannya ke komputer (tinggal Save as) atau juga secara online.

Jadi yang kita lakukan sebenarnya adalah membuat duplikat atau backup dari halaman situs tersebut dan ini memanfaatkan layanan dari Archive.is. Cara menggunakannya sendiri sangatlah mudah, tinggal isikan alamat halamannya pada kotak “My url is alive and I want to archive its content” dan klik Save the page.

archive-is

Nanti anda akan melihat kondisi terbaru dari halaman yang anda masukkan tadi, apakah sudah ada tangkapan tampilannya dan apakah ingin menyimpan lagi. Lanjutkan dan anda akan bisa melihat daftar file – file apa saja dari situs tadi yang diproses dan dibuatkan backupnya, cukup informatif sambil menunggu sampai selesai backupnya. Cepat kok. Ingat ini dibuat hanya untuk satu halaman saja, jadi kalau banyak ya satu per satu mengulangi prosesnya.

archive-is-dowloading-website

Setelah itu kita akan dialihkan ke halaman yang sudah disimpan tadi di Archive.is. Ada fitur download sebagai file ZIP, melihat gambar screenshotnya, juga link singkatnya yang bisa dibookmark dan dibagikan. Sangat membantu kan?

Anda juga bisa mencari backup situs lainnya yang sudah tersimpan di layanan Archive.is, tinggal isikan alamat situs atau url spesifiknya pada kotak “I want to search the archive for saved snapshots” dibagian bawah halaman utamanya. Kalau ini konten populer semestinya sudah ada yang membuat snapshotnya.

Tulis komentar...