Merahasiakan obrolan di BlackBerry Messenger

Sampai hari ini pengguna BlackBerry Messenger masih belum bisa menyembunyikan kontak, tapi ada satu fitur baru di BBM Android versi 2.9.0.45 yang sangat cocok bagi orang yang ingin berbicara hal yang rahasia dan tidak ingin ada catatan sama sekali. Ya, fitur ini dinamakan Private Chat (Obrolan Pribadi) dan disimbolkan dengan icon chat dengan kacamata di bagian sisi kanan atas percakapan aktif anda.

Tinggal anda tap saja iconnya dan lawan bicara anda akan diundang chatting dalam mode Private Chat, selanjutnya tergantung ia mau menerima atau membatalkan undangan anda. Dengan menggunakan obrolan pribadi di BBM maka percakapan yang terjadi adalah tanpa nama dan gambar profil jadi orang lain yang mengintip tidak akan langsung tahu siapa identitas kontak yang anda ajak bicara.

android-bbm-chat

Tidak hanya itu misal anda membicarakan hal yang sensitif dan tidak ingin bocor maka jangan khawatir setiap kata – kata yang ada dalam perbincangan diabadikan menjadi gambar dalam screenshot karena memang tidak bisa. Nantinya akan muncul pesan error “Couldn’t save screenshot. Storage maybe in use.”.

Dan yang lebih menjamin keamanan percakapan anda adalah apabila tidak ada aktivitas dalam 1 menit akan otomatis ditutup, dan ini tanpa meninggalkan jejak apapun. Bagaimana kalau mengirimkan gambar? Sama juga, tidak bisa disimpan dan akan otomatis dihapus setelah sesi private chat tertutup.

Gambarnya buram karena tidak bisa discreenshot. :( Harap maklum.
Gambarnya buram karena tidak bisa discreenshot. 🙁 Harap maklum.

Fitur obrolan pribadi dari BBM ini memang ditujukan bagi penggunanya yang ingin menyampaikan hal bersifat rahasia dan privasi. Kadang setiap omongan kita bukan untuk konsumsi orang lain yang tidak berhubungan.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...