Merekam percakapan Skype di Windows

Saya kemarin diminta bantuan oleh tetangga agar percakapan Skypenya dengan pacar yang berada di seberang lautan bisa direkam, cukup suaranya dan video tidak perlu. Ya, derita yang menjalani hubungan jarak jauh (LDR). Saya ikut bersimpati. 🙂 Hal yang diminta ini bukanlah hal yang sulit tapi membutuhkan software tambahan untuk merekamnya untuk setiap sesi Skype.

Nah… caranya sendiri sangatlah mudah, anda tinggal download saja MP3 Skype Recorder dan install. Program ini membutuhkan .NET Framework 4.0 atau yang terbaru, dan bisa digunakan di Windows 7, 8/8/1 dan 10. Setelah itu anda pastikan memang programnya sudah aktif berjalan maka baru anda mulai membuka voice chat Skype. Nanti proses perekaman akan berjalan otomatis dan disimpan pada folder yang telah ditentukan.

mp3-skype-recorder

Tentu saja bisa anda atur lebih jauh lagi, seperti bagaimana kualitas audio yang direkam. Bitrate saya sarankan dinaikknya menjadi 128 supaya tidak terdistorsi hasilnya.

Ada lagi, dan mungkin ini berguna bagi yang ingin mengetahui apa yang dibincangkan oleh pengguna komputer waktu itu, yaitu secara diam – diam merekamnya. Tapi fitur stealth ini cuma ada pada versi berbayarnya, cukup murah kok biayanya. Sedangkan untuk versi gratisnya akan muncul notifikasi saat mulai merekam dan mengakhirinya.

Tulis komentar...