Microsoft DreamSpark: Dukungan software gratis untuk peningkatan kemampuan akademis dalam bidang teknologi

Ingin mendapatkan Microsoft Visual Studio, SQL Server, Windows Server dan masih banyak lagi secara legal dan gratis? Maka ada kabar gembira bagi anda yang membutuhkannya karena memang Microsoft melalui program DreamSparknya menawarkan semua software tersebut secara gratis.

Saya sendiri dulu pernah menggunakan Microsoft DreamSpark (dulu namanya adalah MSDNAA (Microsoft Developer Network Academic Alliance)) untuk mendownload Visual Studio 2008, dan baru saja saya cek telah disediakan Visual Studio Professional 2013 yang merupakan versi terbarunya saat ini.
microsoft-dreamspark-software-catalog

Jadi bisa dikatakan Microsoft DreamSpark adalah bentuk dukungan Microsoft terhadap pengembangan keilmuan dalam bidang teknologi berbentuk bantuan produk desain software dan pengembangannya (programming) secara gratis.

Apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan produk Microsoft ini secara cuma – cuma? Syaratnya cuma satu sebenarnya, anda masih dalam lingkungan edukasi (sekolah, akademi, atau universitas) dan memiliki alamat email dari tempat anda menuntut ilmu. Nanti akan dikirimkan link untuk verifikasi identitas anda dalam lingkungan akademis. Kalau anda tidak memilikinya maka anda harus membuktikannya dengan mengupload dokumen – dokumen dari sekolah anda sebagai bukti.

Asalkan anda terlibat dalam dunia akademis atau edukasi maka anda bisa memenuhi syaratnya. Jadi siswa, mahasiswa, guru, dosen, peneliti dan sebagainya bisa mencoba mendaftarkan diri.

Kalau sudah berhasil nanti anda akan mendapatkan product key yang dapat dipakai mengaktifkan lisensi penggunaan software yang tersedia untuk anda.

Dari DreamSpark juga terdapat iso dan product key asli untuk Windows dari versi lama sampai yang terbaru (Windows 7 dan Windows 8) kepada setiap anggotanya, asalkan sekolah anda mendaftarkan diri menjadi DreamSpark Premium. Jadi kalau dirasa software gratisnya kurang lengkap maka minta unversitas anda bergabung dalam program ini.

Tulis komentar...