Midori: Browser ringan, cepat, dan serba bisa

Kita tentu sudah mengenal browser populer seperti Firefox, Chrome, Opera, Safari dan Internet Explorer. Tapi browser – browser ini termasuk kelas berat, apalagi akan terasa lambat digunakan saat digunakan pada komputer lama seperti jaman saya menjadi asisten dosen dulu – cuma diberi fasilitas Pentium 3 dengan RAM sebesar 256 MB.

Karena itulah saya berusaha mengoptimalkan Windows seringan mungkin tanpa mengurangi fungsionalitasnya, dengan kemampuan hardware yang terbatas bermain game modern jelas tidak mungkin, hanya browsing hiburan saya. Setelah mencari kesana kemari maka saya mendapatkan Midori sebuah browser dengan performa tinggi, ringan saat digunakan, dan tentunya fitur – fiturnya cukuplah lengkap. Nama Midori berasal dari kata Jepang yang berarti hijau.

Saat anda menjalankan pasti terasa terlalu biasa tampilannya, apalagi kalau anda bandingkan dengan browser populer lainnya kadang akan terasa kasar. Tapi Midori akan terasa kelebihannya kalau anda menggunakan sebuah komputer dengan hardware lama atau terbatas, bila anda menggunakan komputer modern memang masih terasa lebih ringan dari pesaingnya tapi akan lebih terasa bedanya kalau memang ada batasan kemampuan.
midori

Dari segi menampilkan website saya rasa tidak ada perbedaan signifikan, cukup cepat juga dalam merender halaman situs yang kompleks dengan JavaScript dan tampilannya pun masih keluar dengan sempurna.

Yang menarik pada Midori adalah sudah terintegrasi extension (di browser lain kadang dinamakan addon atau plugin) untuk menambahkan kemampuannya. Salah satu yang kadang saya aktifkan adalah Advertisement Blocker untuk memblokir iklan pada website dan Colorful Tabs untuk memberikan warna pada tab browser.
midori-extensions

Secara keseluruhan Midori adalah browser paling ringan, cepat,? serba bisa dan cocok untuk PC atau laptop yang spesifikasinya kurang, fungsi dan fitur yang ada sendiri tidaklah kalah dengan browser modern lainnya yang lebih kelas berat.

Tulis komentar...