Lebih mudah dan cepat memakai DNSCrypt

Dulu saya pernah membahas menggunakan DNSCrypt di Windows untuk akses internet tanpa batasan dari ISP. Walaupun agak repot karena harus secara manual menggabungkan beberapa aplikasi menjadi satu tapi masih terbilang sederhana. Tapi karena softwarenya sendiri menggunakan bahasa Inggris dan banyak istilah teknis jaringan komputer yang dipakai maka banyak juga yang bertanya karena gagal menjalankannya di komputer. Nah… ternyata sekarang ada solusi yang lebih mudah dan cepat, tinggal klik saja malah.

Secara tidak sengaja saya menemukan aplikasi Simple DNSCrypt: https://simplednscrypt.org/, tinggal anda klik Download .msi (Installer) bagi yang menggunakan Windows. Setelah itu install saja dan jalankan programnya.

simple-dnscrypt

Bagaimana cara menggunakannya? Tinggal anda klik saja salah satu network adapter yang dikenali dalam programnya. Disini saya mengaktifkannya untuk LAN Card yang terpasang pada laptop saya, dan warnanya berubah dari merah menjadi hijau menandakan kalau sudah berhasil. Tentu saja kalau warnanya merah berarti antara gagal atau memang nonaktif. Sudah begitu saja, apabila sudah berhasil maka restart browsernya dan coba buka konten yang sebelumnya diblokir.

Kalau anda bandingkan Simple DNSCrypt dengan cara manualnya jelas jauh dalam tingkat gampangnya, semuanya sudah diotomatiskan dan kita tinggal pakai saja. Oh ya, setelah anda pakai bisa anda tutup jendela aplikasinya. Anda restart komputer pun akan tetap aktif sebagai service Windows. Jadi bisa dikatakan ini setting permanen sampai anda merubahnya kembali lewat softwarenya.

Semoga bermanfaat. 🙂

15 pemikiran pada “Lebih mudah dan cepat memakai DNSCrypt”

    • Mas sudah coba ganti resolvernya ke DNS server lain? Kadang perlu digoyang dikit. 😛

      Kalau terpaksa ya edit file hosts.

  1. Jdi gini Mas, saya pake di wifi.id bisa, tapi di indiehome malah gak bisa. Jadi kayaknya mungkin indiehome sudah di-patch atau gimana gitu.
    Atau mungkin Mas punya solusi biar tetap bisa pakai dnscript di indiehome?

    Balas
    • Mungkin, tapi saya ga bisa ngetesnya mas. Ga pakai IndiHome.

      Sudah update dan ganti DNS resolver yang dipakai mas? Kadang perlu direfresh.

    • Sudah mas, ini versi terbaru. DNS resolver juga udah saya coba satu2, gak ada yang tembus T__T
      Terpaksa sementara kalau buka reddit atau torrent pake wifi.id biar sinyal kadang kurang stabil.

    • Kalau cuma untuk beberapa website pakai cara file hosts saja mas.

      Ini torrent diblokir indihome? Baru tahu saya.

  2. Hanya memberi info, sepertinya DNScrypt sudah tidak bisa dipakai di jaringan speedy / indihome lagi.

    Sepertinya pihak dari indhome / speedy telah memperkuat sistem IP router / semacamnya jadi tidak bisa ditembus. Saya sendiri memakai DNSproxy versi 1.9.5 dan setau saya itu terbaru dan biasanya bisa berjalan normal. Adapun masalah biasanya saya ganti proxy / coba restart masalah selesai. Karena hari ini tidak bisa, saya mencoba memakai software ini. Nah, dr gambar tersebut, saya menghubungkan saya punya ke kabel LAN, warnanya tidak merah / pun hijau. warnanya abu2. walaupun sudah di klik berkali2 pun tidak ada reaksi.

    Saya kira memang sudah tidak bisa dipakai. mungkin kedepan DNS proxy dapat menembus sistem keamanan indhome lagi. Nah untuk myrepublic, saya sudah coba tadi, dan masih bisa untuk ditembus. Sekian info semoga berguna. Terimakasih!

    Balas

Tulis komentar...