Mudah membuat gambar animasi GIF dengan AnimateGIF

Animasi gambar GIF (Graphics Interchange Format) terbuat dari beberapa gambar diam yang dikombinasikan secara sekuensial. Format animasi ini sangatlah populer di Internet dan sering digunakan pada forum – forum, karena pengguna dengan mudah membuat animasi GIF tanpa aplikasi gambar dan editing video yang rumit.

Kalau anda penasaran ingin tahu cara membuat animasi GIF, maka anda akan terkejut dengan betapa mudahnya proses pembuatannya. Anda hanya membutuhkan gambar – gambar yang ingin anda animasikan dan software pembuat animasi GIF. Dari beberapa software pembuat GIF yang ada, yang paling sederhana adalah AnimateGIF.

AnimateGIF adalah aplikasi portable yang bisa membuat animasi secara sempurna dalam beberapa langkah, lengkap dengan pengaturan waktu jeda antar gambar atau frame dan apakah aniamsi ini berjalan sekali atau tanpa henti. Anda bisa menambahkan dan menghapus gambar sebanyak apapun dan merubah kualitas hasil animasi GIFnya.

Tampilan programnya cukup sederhana, terdapat kotak kosong yang bisa diisi dengan gambar – gambar yang ingin anda animasikan dengan cara drag and drop. Tombol remove frame untuk menghapus gambar, clear frame untuk membersihkan semua gambar. Terdapat kotek centang yang mendakan apakah aniamsi ini berjalan sekali saja atau tanpa henti(Loop animation), ubah waktu jeda antar gambar(Frame delay), dan pilihan mengubah kualitas gambar GIF. Tombol Animate berfungsi untuk mulai membuat gambar animasi GIF.
AnimateGIF Interface

Untuk mulai membuat animasi GIF, pilih gambar – gambar dengan menarik mereka ke dalam kotak kosong dalam program. Aplikasi ini tidak mendukung mengubah urutan gambar yang telah tercatat dalam daftar, jadi anda harus secara manual memasukkan satu persatu sesuai urutan yang diinginkan. Gunakan Remove frame untuk menghapus gambar yang dipilih dan Clear frame untuk menghapus seluruh gambar dalam daftar. Setelah anda yakin dengan semua gambar yang anda masukkan, beri centang pada Loop animation untuk membuat animasi tanpa henti, atur Frame delay untuk waktu jeda antar perubahan gambar. Geser Quality untuk menentukan kualitas gambar animasi GIF yang dihasilkan. Saat semua setting telah anda tentukan, klik tombol Animate dan beri nama file GIFnya untuk memulai proses.
AnimateGIF start animate

Tulis komentar...