Networx: Pantau pemakaian bandwidth internet

Mengetahui berapa jumlah bandwidth internet di komputer sebenarnya tinggal membuka status network di Windows, tapi memang kurang ramah bagi pengguna awam untuk memahaminya dan repot kalau dibuka terus jendelanya. Kalau anda menggunakan layanan internet yang ada kuota internetnya maka anda harus lebih awas lagi dalam konsumsi bandwidthnya, akan lebih mudah kalau dibantu program yang memantau traffic network anda.

Disinilah letak peran Networx, suatu aplikasi yang bertugas memonitor penggunaan internet di Windows. Anda akan bisa mendapatkan? berbagai macam laporan mengenai koneksi internet anda dan jaringan yang digunakan, dan semua ini bisa diakses dari iconnya di system tray.

networx-system-tray

Tinggal pilih Show Graph untuk mengetahui berapa kecepatan download dan upload sekarang disertai riwayatnya dalam bentuk grafik.
networx-speed-graph

Mau tahu anda sudah menghabiskan berapa MB/GB bandwidth internet? Buka saja pilihan Usage Report, kini anda tidak perlu was – was melewati kuota yang telah ditentukan.
networx-usage-report

Ingin diberi peringatan kalau pemakaian internet anda sudah mendekati batas kuota? Buka pilihan Quota dan tentukan berapa besar bandwidth yang diberikan, dan aktifkan pesan peringatan dengan memberi centang pada opsi yang disediakan dibawah. Defaultnya adalah 80% dari total kuota yang telah ditetapkan.
networx-my-quota

Secara keseluruhan software ini merupakan wajib bagi anda yang ingin tahu kemana saja kuota internet anda dihabiskan dan kapan, dengan mengetahui kebiasaan penggunaan anda juga bisa menyesuaikan berapa kuota bandwidth internet yang cocok atau sebaliknya anda terpaksa berpuasa dari dunia online karena sudah kritis pemakaian kuota onlinenya. 😀

2 pemikiran pada “Networx: Pantau pemakaian bandwidth internet”

    • Hmm.. ini tergantung gateway internetnya mencatat hal tersebut atau tidak. Sayangnya di modem yang rata – rata digunakan di rumah tidak ada fitur tersebut. Minimal bisa melihat statistik per alamat IP sudah bisa membantu.

Tulis komentar...