NexusFont: Mudah dan cepat mengatur font

Font merupakan salah satu komponen penting dalam desain, bukan berarti dokumen Word anda tidak penting, siapa sih yang tidak ingin tampilan tulisannya elegan dan berkesan. Kalau anda sering bereksperimen dengan font pasti sudah merasakan sulitnya melakukan manajemen font di Windows, cara install dan uninstallnya juga masih manual. Karena itulah sebuah tool eksternal bisa digunakan untuk membantu anda mengatur font yang ada.

Salah satu software rekomendasi saya adalah NexusFont, dengan tampilannya yang ringkas dan informatif anda akan disuguhi oleh daftar seluruh font yang terinstall dalam komputer anda. Informasi detail dari font yang terpilih akan juga ditampilkan pada bagian sebelah kiri, anda akan mendapatkan nama font, nama file dari font tersebut, ukuran filenya, versi font, nama pembuat font, alamat website font itu, dan hak cipta font ini.
nexusfont

Anda bisa melihat bagaimana tampilan (preview) font tersebut bila digunakan, bila anda tidak membutuhkan font – font tertentu tinggal uninstall saja dari program ini. Untuk menginstall font baru sendiri juga sama mudahnya, tinggal taruh file fontnya (ttf, otf, fnt) ke dalam aplikasi dan akan otomatis dikenali. Saran saya pilihlah font yang perlu saja, karena Windows akan memuat semuanya saat loading jadi kalau terlalu banyak juga bisa memperlambat waktu masuk ke desktop.

Kalau font sudah berjumlah banyak biasanya tidaklah mengagetkan kalau ada banyak duplikat font dengan nama sama atau nama berbeda, anda bisa menggunakan fungsi pembersih font duplikat untuk menghapus yang kembar.

NexusFont adalah software gratis dan portable untuk manajemen font di Windows dengan fitur yang lengkap, ukurannya sendiri sangatlah kecil dibawah 5MB. Karena itulah saya merekomendasikannya kalau anda sering berurusan dengan font.

Tulis komentar...