Notepad++: Editor teks untuk programmer

Mengetikkan kode program tidak melulu harus menggunakan Integrated Development Environment (IDE) seperti Microsoft Visual Studio, Aptana, Eclipse dan semacamnya – Apalagi kalau yang dibuat hanya prototype atau script sederhana saja. Ini tidak terbatas pada bahasa pemrograman seperti C#, Java, PHP, Python, HTML, CSS, JavaScript dan masih banyak lagi. Apalagi kalau anda hanya ingin membaca listing source codenya saja.

Aplikasi seperti Notepad++ yang adalah text editor gratis merupakan solusi untuk mempermudah kerja anda dalam mengembangkan software tapi tidak ingin menggunakan editor yang berat. Kalau Notepad bawaan Windows sendiri cuma bisa membuka file teks tanpa ada fitur lainnya, maka Notepad++ akan memberikan kemampuan seperti syntax highlighting (mewarnai kode) supaya kita lebih mudah memahami struktur kode – kodenya.

notepad-plus-plus

Tentu saja tidak hanya itu apa yang ditawarkan: integrasi dengan Google, menjalankan script langsung ke dalam browser, membuat macro untuk perintah yang sering anda gunakan, kemampuan koneksi FTP langsung, dan yang terpenting adalah sistem plugin yang kalau dirasa kurang maka tinggal anda cari pluginnya.

Saya sendiri menggunakannya untuk mengedit file langsung dengan FTP di web hosting kalau sedang malas, ini sebenarnya tidak disarankan kalau tidak backupn dan kemudian terjadi kesalahan. Saya juga mengintegrasikan dengan interpreter Python dan SVN untuk menyimpan setiap modifikasi kode.

Setiap bagian dari Notepad++ bisa dimodifikasi sesuai keinginan anda, dan fitur yang ada bisa ditambah dengan plugin. Jadi program ini bisa dikatakan sangatlah lengkap dan bisa menjadi pilihan bagi para programmer yang membutuhkan text editor ringan tapi berkemampuan lengkap.

Tulis komentar...