Opera untuk Android: Browsing cepat plus hemat data

Kalau anda membeli handphone Android pasti minimal ada 2 aplikasi untuk browsing yaitu Browser bawaan dan satunya adalah Google Chrome untuk Android. Karena Chrome kecil ini sudahlah lebih dari cukup untuk akses konten online biasanya tidak banyak orang yang mencari browser alternatifnya. Tapi setelah saya iseng – iseng mencoba Opera ternyata cukup bagus juga, dan akan saya bahas langsung ke fitur – fitur yang unggul dari Opera ini.

Soal kecepatan memuat halaman website menggunakan Opera browser for Android dan termasuk Opera Mini tidak perlu diragukan lagi, selain ringan penggunaan prosesor dan RAM ponsel juga sangat cepat – tidak ada masalah berarti saat saya menggunakannya beberapa hari sebagai browser utama. Bahkan anda bisa mengoptimalkan kecepatannya lagi dengan mengaktifkan opsi Opera Turbo. Tap saja pada menu dan aktifkan opsi ini.

android-opera

Fungsi Opera Turbo adalah memuat halaman situs yang sedang diakses dari handphone anda lewat server Opera. Keunggulannya adalah setiap konten akan dikompresikan dan dioptimalkan ulang, ini termasuk teks dan konten media (gambar, audio, video). Dari pemakaian singkat saya selama beberapa hari rata – rata sebesar 50% lebih. Ini cukup berpengaruh terhadap penghematan kuota data internet yang harganya cukup mahal di Indonesia.

Efek sampingnya juga anda bisa mengakses konten – konten yang diblokir karena peran Opera Turbo ini secara implementasi mirip dengan proxy. Jadi kesimpulannya selain mengurangi konsumsi penggunaan data seluler atau WiFi juga bisa melewati blokir situs. Tapi di app browser lain juga ada kok fitur serupa seperti Data Saver di Google Chrome dan Cloud Boost di UC Browser.

android-opera-menu

Tentu saja bukan berarti tidak pernah ada masalah, saya pernah mengalami akan memutar video di YouTube tapi selalu diminta mengklik untuk mengaktifkan plugin Adobe Flash Player. Padahal seingat saya di YouTube sudah bisa menggunakan HTML5 Video. Solusinya saat kasus ini terjadi adalah mematikan Opera Turbo, tampaknya ada masalah pada fitur kompresinya dan kadang tidak cocok dengan YouTube dan mungkin situs streaming video lainnya.

Yang unik dan masih berhubungan dengan menonton video adalah adanya pilihan untuk mendownloadnya, jadi bisa langsung di tap dan akan otomatis diunduh videonya. Hehe sangat membantu kalau fitur yang satu ini untuk keperluan offline. 😛 Juga sebenarnya bisa ditambahkan fitur blokir iklan (AdBlock) secara manual, tapi cukup merepotkan caranya.

Secara keseluruhan Opera browser for Android ini bisa dikatakan salah satu browser terbaik untuk perangkat mobile, akses website bisa lebih cepat, tidak dibatasi, dan hemat penggunaan data. Mantap kan. 🙂 Bahkan ada fitur Discover yang akan memberikan kita berita – berita terbaru, jadi tidak ketinggalan kabar tanpa perlu membuka situs berita atau aplikasinya.

Oh ya, kalau di Google Play kan ada 2 yaitu Opera browser dan Opera Mini, sepengetahuan saya perbedaannya hanya di tampilan dan tingkat penggunaan hardwarenya, dan dulu Opera Turbo hanya ada di Mini. Sedangkan Opera Max bukanlah browser melainkan aplikasi pengoptimalan penggunaan data di Android, jadi seluruh koneksi yang terjadi akan dikompresikan tidak hanya di browser.

Tulis komentar...