Open Source Game Clones: Mendapatkan alternatif open source dari game komersial

Game komersial sudahlah biasa dan mudah didapatkan dari Steam, GOG atau Origin. Kadang bagi kita yang masih ingat pada masa awal – awal game komputer akan kesulitan menemukannya dan kalaupun anda sangat jarang bisa dimainkan pada sistem operasi Windows terbaru. Kalau membeli bukanlah solusi entah apapun alasannya maka kita bisa mencoba mencari alternatifnya yang gratis dan legal.

Mungkin jenis game alternatif bertipe open source akan lebih menarik minat bagi yang mencari game lama tapi dengan sentuhan modern didalamnya. Biasanya dari segi tampilan akan mengadaptasi game yang dikloningnya dan kadang ditingkatkan kualitasnya, yang lebih sering dilakukan adalah efisiensi dan efektivitas mesin gamenya sehingga lebih canggih dan cepat dari sebelumnya. Jadi seluruh bagian game mulai dari engine, grafis, aset dan sebagainya akan direimplementasikan kembali.

Kalau anda mencari satu per satu di Google bisa memakan waktu lama, anda bisa mempermudah dan mempercepatnya dengan mengakses situs Open Source Game Clones.
open-source-game-clones
Tampilannya sederhana, hanya memperlihatkan daftar game komersial yang tersedia versi open sourcenya. Anda akan mendapatkan link menuju website pengembang game open sourcenya, aktif dikembangkan atau tidak, sudah bisa dimainkan atau belum, apakah membutuhkan resource tambahan dari game aslinya yang dikloning, dan informasi lainnya.

Dan… sekarang saya sibuk bermain KaM Remake (kloning dari Knights & Merchants), game strategi real time (RTS) dari jaman SD dahulu yang sekarang sudah ditingkatkan kualitas grafis dan engine permainannya. 😀

Tulis komentar...