Otomatis menghapus SMS lama di Android

Pesan SMS walau sudah kalah populer dengan berbagai aplikasi chatting dan messenger tapi cukup sering digunakan untuk berkomunikasi di daerah yang belum dijangkau internet dengan stabil. Jika anda sudah menggunakan handphone modern dengan sistem operasi Android tampaknya akan jarang mengalami masalah kehabisan tempat penyimpanan SMS, tapi tetap bisa terjadi.

Menyimpan seluruh percakapan SMS tidaklah salah, tapi ini juga menghabiskan kapasitas memori internal handphone dan kalau terlalu banyak maka akan sangat lambat saat dibuka. Karena itulah ada baiknya secara berkala dihapus dan tentu akan lebih baik kalau bisa dilakukan secara otomatis.

Di Android sendiri kita bisa membatasi jumlah pesan SMS yang disimpan, kalau lebih maka dihapus yang lama. Bagaimana caranya? Silahkan buka aplikasi Messaging dan buka menunya. Silahkan tap pada Settings.

android-messaging-menu

Setelah itu pilih General.
android-messaging-settings
Kemudian geser hingga anda menemukan Storage Settings, aktifkan dengan memberi centang pada Delete old messages. Secara default Android hanya akan menyimpan 500 SMS (Text message) per percakapan dan 50 untuk MMS (Multimedia). Anda bisa mengubah batasannya sesuai dengan keinginan.
android-messaging-storage-settings
Setelah itu bila dalam satu percakapan anda dengan kontak atau nomor handphone tertentu melewati batas nilai yang ditetapkan maka akan otomatis dibersihkan.

Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean sebagai dasar panduannya, jika milik anda berbeda versinya kemungkinan besar masih mirip settingnya.

Tulis komentar...