Pantau uptime dan downtime website anda dengan Uptime Robot

Penyedia web hosting biasanya memberikan jaminan uptime 99.9% untuk website anda. Tapi bagaimana anda tahu kalau uptime dari website anda benar – benar 99.9%, apalagi kalau tidak ada pemberitahuan kalau website anda tidak dapat diakses dan anda sendiri jarang mengecek kondisi website anda.

Downnya dari website anda bisa membuat potensi pemasukan baik dari penjualan barang atau iklan yang ditampilkan hilang. Walau dengan memantau online atau offlinenya website anda tidak mencegah musibah ini, setidaknya anda bisa melihat dari kejadian offlinenya website anda apakah cuma sekali saja dalam waktu singkat selama beberapa bulan (masih wajar) atau akses website anda menjadi sporadis dalam beberapa waktu.

Uptime Robot? adalah aplikasi berbasis web gratis yang berfungsi memonitor kesehatan website anda, dia akan melakukan pengecekan terhadap website anda apakah bisa diakses atau tidak setiap 5 menit. Sebagai catatan tidak hanya website saja yang bisa diawasi uptime dan downtimenya, selama bisa terhubung ke internet dan setidaknya memiliki IP address publik dia bisa memantaunya.

Untuk menggunakan layanan Uptime Robot silahkan mendaftarkan sebuah akun dulu dengan klik pada “Start Now”, isi dengan data anda dan konfirmasi seperti pada umumnya membuat akun baru.
uptime-robot-start-now

Sign-in bila diperlukan dan akses panel monitor website. Masukkan alamat website yang ingin dimonitor kesehatannya dengan klik pada “Add New” di sebelah kanan halaman ini. Pilih jenis monitoring disini, secara umum anda bisa menggunakan “HTTP(s)” untuk mengawasi uptime website anda. Network monitoring digunakan apabila yang anda pantau bukanlah website dan membutuhkan koneksi yang berbeda untuk memantau uptimenya.
uptime-robot-add-new-monitor

Kemudian isikan data mengenai website anda, tinggalkan HTTP Authentication kosong bila tidak tahu atau website anda dilindungi password. Sebagai catatan ini bukan berarti akun yang dimiliki di website anda. Dibagian paling bawah anda bisa melihat dan memilih alamat email yang dihubungi apabila dideteksi adanya masalah dengan website anda. Klik “Add Monitor” untuk memasukkan website ini ke proses monitoring, anda akan dialihkan ke halaman My Monitor.
uptime-robot-new-monitor-data

Secara umum anda bisa melihat semua kondisi kesehatan website anda di My Monitors.
uptime-robot-my-monitors
Bila kursor mouse anda berada diatas bar uptime untuk tiap website maka akan muncul jendela kecil berisi informasi uptime website tersebut dalam 24 jam.
uptime-robot-website-hover-data

Pilih icon grafik di bagian paling kanan untuk website, akan muncul detail statistik dan laporan mengenai uptime dan downtime website yang dipilih.
uptime-robot-monitor-statistic-and-report

Peringatan masalah website defaultnya akan dikirim ke email, jadi anda tidak usah membuka website UptimeRobot setiap saat.
uptime-robot-email-alert
Bila anda jarang melihat akun email, anda juga bisa diperingatkan melalui SMS, Twitter dan Push pada iOS. Akses settings Uptime Robot, klik “Add Alert Contacts” dan tinggal anda isikan saja data – data yang diperlukan untuk mengaktifkan peringatan tambahan ini. Untuk mendapatkan informasi uptime dan downtime melalui RSS bisa anda lihat iconnya pada halaman My Monitor.
uptime-robot-add-alert-contacts

Sebagai penutup, batas jumlah website yang bisa dimonitoring adalah sebanyak 50 buah untuk akun gratis bila kurang tentu anda dipersilahkan membayarnya. Saya rasa jumlah ini sangatlah cukup untuk penggunaan pribadi, apalagi dengan kemampuan SMSnya yang gratis. Uptime Robot benar – benar aplikasi dengan fitur lengkap dan canggih tapi tidak menguras biaya (gratis).

Tulis komentar...