Pastebin: Simpan dan bagikan teks secara online

Kadang menyampaikan suatu kumpulan teks online tidak bisa dilakukan lewat email, apalagi kalau ingin dibagikan untuk umum – jelas tidak mungkin kita mengisikan alamat email satu per satu. Menyimpan di DropBox akan terdapat batasan kuota bandwidth, dan Google Docs malah merepotkan membuatnya. Karena itu saya perkenalkan Pastebin, layanan penyimpanan tulisan online dan bisa dibagikan ke publik dengan mudah tanpa perlu mendaftar.

Yang perlu dilakukan hanyalah anda mengcopy (CTRL+C) potongan teks yang ingin diupload, buka situs Pastebin dan pastekan (CTRL+V) isinya pada kotak New Paste.
pastebin
Selanjutnya geser kebawah dan akan bagian Optional Paste Settings. Disini anda bisa mengatur lebih lanjut konfigurasi teks yang dipastekan:

pastebin-optional-paste-settings

  • Syntax Highlighting – Memberi warna pada kata – kata kunci tertentu pada source code pemrograman yang telah dipilih bahasanya.
  • Paste Expiration – Berapa lama jangka waktu paste tersebut aktif, kalau sudah melewati waktunya akan otomatis kadaluarsa dan dihapus.
  • Paste Exposure – Apakah bisa dilihat umum (Public), tidak terdaftar tapi bisa diakses umum (Unlisted), atau untuk diri sendiri saja (Private) tapi ini perlu mendaftarkan akun.
  • Paste Name / Title – Nama atau judul paste anda.

Kalau sudah klik saja Submit dan akan otomatis dibuatkan url khusus untuk mengaksesnya.
pastebin-url-hasil-paste-teks
Anda bisa mendownloadnya, melihat data asli tanpa formatting (RAW), disisipkan ditempat lain (Embed), atau dicetak (Print). Jadi pengunjung paste anda tidak terbatas harus membaca online, mereka bisa menyimpannya dalam berbagai macam format kalau menginginkan.

Kasus yang memerlukan saya menggunakan layanan Pastebin ini adalah membagikan source code dari program Visual Basic .NET jaman kuliah dulu, karena banyak teman yang meminta solusi yang benar malah akan ribet dikirimkan satu per satu. Apalagi yang saya berikan hanyalah satu potongan kode algoritma saja dalam bentuk fungsi. Hehe nostalgia jadinya. 😀

Tulis komentar...