Pengguna Yahoo wajib ganti password sekarang juga!

Saya yakin mayoritas pengguna atau pemilik akun Yahoo sangat jarang mengganti passwordnya. Saya juga sama sebenarnya dan alasannya sederhana: malas menggantinya, repot menghapal password baru karena sudah terbiasa, dan sebagainya. Tapi kini ada satu alasan yang bisa memaksa kita mengubah kata sandi Yahoo.

Apabila anda belum pernah mengganti password email Yahoo anda sejak tahun 2014 maka lakukanlah segera. Ini disebabkan Yahoo telah melaporkan kalau database pengguna mereka telah dibobol hacker dan sebanyak 500 juta akun sudah bocor.

yahoo-logo-purple
Hal ini selain beresiko dibajaknya akun email anda juga apabila anda memakai password yang sama dari layanan online lain maka bisa menular kesana. Apalagi kalau alamat email untuk lupa passwordnya menggunakan alamat yang sama. Bisa bertambah masalahnya.

Saya sangat menganjurkan agar anda membuat password yang kuat, minimal 12 karakter dan sulit ditebak. Atau pakai software saja pengelola password seperti KeePass atau LastPass yang bisa terintegrasi dalam browser dan handphone. Juga aktifkan Two-Factor Authentication agar setiap usaha login dari perangkat atau lokasi baru akan diminta verifikasi ganda.

Leave a Reply