Perbedaan dari setiap edisi Windows 8

Microsoft telah meluncurkan Operating Sytem terbaru dengan nama Windows 8. Maka daripada itu jika akan membeli laptop atau komputer dengan seri terbaru dan sudah menyertakan (bundling) Windows original, maka Windows yang di sertakan adalah Windows 8. Namun hanya ada dua edisi Windows 8 untuk di bundling yaitu Windows 8 SL dan Windows 8 Pro. Sebenarnya Windows 8 memliki 4 edisi yaitu, Windows 8 SL, Windows 8 Pro, Windows 8 Enterprise, Windows 8 RT. Nah apakah perbedaan dari setiap edisi Windows tersebut? Simak dibawah ini.

windows-8-start

Windows 8 SL

Merupakan edisi standart dari Windows 8. Jika diseterakan hampir sama dengan Windows 7 Home Basic dan Home Premium. Edisi ini diperuntukan untuk kalangan pengguna standard (Home User). Fitur yang di sertakan seperti Start screen, Windows Store, Windows Dekstop, Internet Explorer 10, dan lain – lain.

Windows 8 Pro

Jika disetarakan Windows 8 Pro sama dengan Windows 7 Pro dan Ultimate. Fitur yang ada di Windows 8 SL  otomatis tersedia juga di Pro. Namun Ada beberapa fitur yang hanya tersedia di Pro seperti BitLocker / BitLocker to Go, Remote Desktop (sebagai Host), Virtual Hard Disk Booting, Windows Server Domain, Group Policy, Hyper-V, Encrypting File System.

Windows 8 Enterprise

Sesuai dengan nama edisi Enterprise ini memang ditunjukan untuk Perusahaan. Format lisensi Enterprise pun berbeda dengan Pro dan SL. Jika Pro dan SL satu serial hanya untuk satu unit, sedangkan untuk Enterprise satu serial bisa untuk beberapa unit (Volume license key). Fitur yang ada di Pro otomatis juga ada di Enterprise, namun ada beberapa fitur tambahan yang di tujukan membantu IT support seperti Windows to go , Direcrt Access.

Windows 8 RT

Berbeda dengan edisi yang di atas Windows 8 RT hanya di peruntukan untuk prosesor ARM device seperti Tablet PC. Untuk tampilan sama dengan Windows 8 umumnya namun beberapa fitur di hilangkan. Fitur tambahan yang ada di Pro dan Enterprise pasti tidak tersedia, kemudian Windows Desktop juga di hilangkan. Biasanya Windows 8 RT juga menyertakan Office 2013 Basic (Word, Excel, Power Point, One Note).

Lainnya

Semua Windows 8 menyediakan format 32-bit dan 64-bit, kecuali Windows 8 RT hanya tersedia 32-bit. Jika kita menggunakan laptop atau komputer hanya untuk pekerjaan standart seperti browsing, game, mengetik, design, atau kita tidak menggunakan fitur tambahan yang ada di Pro atau Enterpris, makaedisi menggunakan Windows 8 SL sudah cukup.

Semoga Bermanfaat.

Tulis komentar...