Perbedaan Java dengan JavaScript

Sering orang bertanya kepada saya mengenai perbedaan Java dengan Javascript atau malah ada yang menganggap kedua hal tersebut adalah sama. Salah kaprah seperti ini yang membuat saya tergelitik untuk meluruskan miskonsepsi mengenai Java dengan Javascript.

Tentu saya tidak akan menjelaskan secara berbelit – belit atau teknis mengenai Java dan Javascript ini.

Java

java-logo

Java sendiri adalah bahasa pemrograman dan platform untuk menjalankan software yang diciptakan di Sun Microsystem (sekarang di Oracle) yang bertujuan untuk membuat suatu platform universal.

Jadi program yang anda buat di Windows akan bisa langsung dijalankan di Linux atau sistem operasi lain dengan perubahan yang minimal. Sehingga lebih baik disetarakan dengan Visual Basic, Delphi untuk tujuan dan kegunaannya.

Bahasa pemrograman ini pun menjadi pilihan Google untuk pembuatan aplikasi di Android.

JavaScript

javascript-logo

JavaScript adalah bahasa scripting di web biasa digunakan untuk memproses data di sisi user(browser) dan TIDAK ADA hubungannya dengan Java (Bahasa Pemrograman). Tapi sekarang sudah mulai digunakan sebagai bahasa pemrograman server side dengan Node.js.

JavaScript dibuat berdasarkan ECMA Script dan awal mula penamaannya adalah sebagai berikut: Mocha->LiveScript->JavaScript.

Dinamakan JavaScript karena rilisnya bersamaan dengan Netscape Navigator 2.0 yang juga pertama kali memberi dukungan pada Java, jadi masyarakat akan mengira bahwa JavaScript berhubungan dengan Java (yang sedang booming waktu itu).

Semoga anda tidak bingung lagi. 🙂

Tulis komentar...