Pertolongan pertama pada saat handphone terkena air

Mudahnya handphone, tablet atau gadget dibawa kemana – mana dan dengan fungsi komunikasi (atau ngegame) membuat kita kadang lupa bahwa ini adalah perangkat elektronik dan air adalah hal yang harus dihindari. Walau kita berusaha mencegah handphone kita dari air saat di kamar mandi, kolam renang atau sedang hujan; Namanya musibah akan terjadi disaat kita tidak mengharapkannya.

Saya yakin kalau sudah terlanjur terkena air atau tercebur kedalam air pasti langsung anda selamatkan. Terus? Bagaimana langkah selanjutnya? Tergantung dari tingkat seberapa basahnya handphone anda tadi tapi saya tetap sangat menyarankan agar tidak dinyalakan dahulu. Kenapa? Ini untuk mencegah korsleting listrik pada komponen didalamnya.

Abhishek727 Mishra / CC BY-SA 2.0 / Motorola Defy Underwater
Abhishek727 Mishra / CC BY-SA 2.0 / Motorola Defy Underwater

Tapi ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan sambil menunggu keringnya handphone anda:

  • Bongkar handphone anda, tidak perlu secara total tapi cukup pada yang mudah dilepaskan saja tanpa perlu obeng dan kawan – kawannya. Jadi cukup casing, memory card, SIM card, baterai.
  • Anda punya kain halus yang memiliki daya serap tinggi, tentunya harus bersih juga.? Silahkan digunakan untuk mengelapi satu persatu komponen yang dilepaskan tadi secara perlahan. Saya pernah menggunakan kanebo yang biasanya untuk sepeda motor atau mobil.
  • Jika ada vacuum cleaner (pembersih debu) gunakan tingkat yang paling pelan dan arahkan ke handphone anda selama beberapa saat. Jangan sampai menggunakan hair dryer karena ini bisa merusak handphone karena udara yang disemprotkan cukup panas.
  • Ada beras? Ambil secukupnya dan masukkan handphone anda kedalam mangkok berisi beras, biarkan semalaman. Ini berguna supaya berasnya menyerap kelembapan air dari dalam handphone yang tidak terjangkau oleh kain atau vacuum cleaner tadi.

Tentu saja anda tidak harus melakukan semuanya, silahkan anda pertimbangkan saja mana yang cocok dengan kondisi handphone anda waktu itu. Setidaknya untuk metode beras biasanya digunakan kalau sampai terendam air beberapa lama dan basah semuanya luar dalam.

Baru setelah itu anda hidupkan dan berdoalah supaya bisa dipakai normal kembali.

Semoga berhasil.:)

Tulis komentar...