PortableApps: Install sekali gunakan dimana saja

Kelebihan program atau aplikasi portable adalah tidak perlu dilakukan instalasi berulang kali dan setiap settingnya akan disimpan secara lokal dalam foldernya sendiri – jadi dimanapun anda menjalankannya maka pekerjaan anda sebelumnya tidak akan hilang dan bisa dilanjutkan kembali. Sayangnya tidak setiap pembuat software menyediakan versi portable dari programnya, dan kadang kita harus bergantung kepada pihak ketiga untuk memodifikasinya.

Salah satu website yang memberikan banyak sekali koleksi versi portable dari berbagai macam software adalah PortableApps, disini anda bisa mendapatkan aplikasi portable dalam berbagai jenis dan kategori – semuanya adalah freeware atau open source jadi bisa dikatakan adalah gratis dan legal dalam menggunakannya.

portableapps-software-directory

Format aplikasi hasil downloadnya akan diakhiri dengan ekstensi *.paf.exe, jadi anda bisa langsung membedakannya dengan program biasa. Nanti anda akan menentukan akan diekstrak dimana isi dari aplikasi yang didownload dan nanti anda tinggal menjalankan exe-nya saja dari dalam folder yang telah dipilih.

portableapps-foxitreader

Seluruh data anda akan disimpan didalamnya juga, jadi walaupun anda menggunakannya pada komputer yang berbeda maka data pekerjaan anda akan tetap ada – cukup satu kali proses instalasi saja dan anda bebas memakainya dimana saja.

Saya sendiri memakai PortableApps Launcher untuk mengintegrasikan banyak aplikasi portable dari mereka menjadi dalam satu kesatuan pada USB Flashdisk. Semuanya bisa diakses dari satu menu launcher dan ini memudahkan saya dalam melakukan troubleshooting masalah komputer dan setting keamanannya. Sebagai cadangan juga saya simpan dalam DropBox sehingga asalkan ada internet setting dan file saya bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Tulis komentar...